Berita Utama

Sepi Pasca Pemeriksaan

Radarbekasi.id – Kantor DPRD Kabupaten Bekasi terpantau sepi pasca dipanggilnya Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Soleman oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terpantau hanya kendaraan dinas Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar.

Sebelumnya diketahui, Soleman dipanggil untuk dimintai keterangan terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi pada perizinan Meikarta.

Sekretaris DPRD Kabupaten Bekasi, Herman Hanafi mengatakan, ada beberapa anggota dewan yang menjalankan tugas kedinasan diluar daerah.

“Hari ini (kemarin, red) ada agenda ke Bandung, BK (Badan Kehormatan) sama Bapemperda (Badan Pembantukan Peraturan Daerah). Anggota BK 5 orang, Bapemperda 13. Jadi 18 orang (dewan) yang ke Bandung,” katanya saat ditemui di depan Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Jumat (16/11).

Merujuk pada pernyataan Herman Hanafi, maka masih ada sebnayak 32 orang anggota DPRD Kabupaten Bekasi yang tidak dinas ke luar daerah.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Soleman terkait pembahasan tata ruang di Kabupaten Bekasi.

“KPK ingin mengetahui peran dari anggota DPRD serta mendalami lebih jauh proses pembahasan tata ruang yang dibahas di DPRD Bekasi. Karena untuk wilayah yang sangat luas, pembangunan dan perizinan untuk wilayah yang sangat luas itu diduga perlu melakukan revisi perda terlebih dulu dan itu butuh otoritas,” ujarnya.

Febri mengatakan proses revisi Perda tata ruang itu belum pernah dilakukan. Namun, proses pembangunan sudah dimulai dan perizinan sudah keluar. “Kita tahu sampai saat itu hal ini belum ada. Tapi, di sisi lain perizinan sudah dikeluarkan dan pembangunan sudah dilakukan,” jelasnya.

Sekedar diketahui, pada pembahasan tata ruang. seluruh anggota DPRD tergabung dalam dua panitia khusus.

Dimana pembahasan tersebut membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang dibagi dalam dua pembahasan karena terdapat empat zonasi. Masing-masing pansus membahas dua zonasi.

Hingga berita ini diturunkan tak ada satu anggota DPRD yang merespon konfirmasi dari Radar Bekasi.(and)

Related Articles

Back to top button