Cikarang

Batal Diperbaiki

Radarbekasi.id – Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang (PUPR) gagal membangun jalan longsor di Kampung Karang Congok, Desa Karang Satria, Tambun Utara pada tahun ini.  Sebab anggaran yang digelontorkan tidak sesuai dengan kebutuhan untuk meperkokoh bantaran Kali Bekasi.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR,  Heru Pranoto menuturkan, kejadian longsor terjadi pada tahun lalu.  Sehingga, anggaran yang telah disiapkan Pemkab Bekasi tidak mencukupi.  Sebab penganggaran dilakukan sebelum dibuat Fasibility Study dan Detail Engenering Detail (DED).

“Sebenarnya tahun ini bisa dilakukan, namun karena penggarannya dikurang terpaksa dibangun tahun depan. Sebab anggaran yang kita siapkan hanya Rp5miliar,”ujarnya, Kemarin (23/11).

Heru menjelaskan,  setelah ada DED, anggaran yang dibutuhkan ternyata Rp10 miliar. Karena,   bantaran kali harus diperkuat dengan sitepale sebagai penunjang. Kemudian, jalan juga harus dicor serta dilakukan pelebaran sekitar 300meter.

Menurutnya,  apabila dipaksakan dilakukan pembangunan secara dua tahap, pihaknya khawatir nantinya kualitasnya menjadi kurang laik. Karena untuk bantaran kali sangat rentan cepat rusak apabila pembangunan kurang maksimal.

“Beberapa bulan kemarin kita sudah mau lelangkan kegiatan sebagai tahap awal,  namun dengan pertimbangan dari hasil rapat koordinasi bisa berdampak kegiatan tidak maksimal.  Oleh sebab itu, pembangunan dilaksanakan pada awal tahun 2019,”jelasnya.

Sebelumnya Plt. Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menuturkan, jalan antar kecamatan yang longsor di Kampung Karang Congok, Desa Karang Satria wajib terealisasi pada awal tahun.(and)

Lebihkan

Artikel terkait

Close