Berita Utama

Wujudkan Pemilu Bersih, Bawaslu Galang Tanda Tangan

Radarbekasi.id – Mewujudkan pemilu yang bersih dan demokratis, memang tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja. Walaupun dalam hal ini pemerintah telah memberikan mandat kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai pengawas dari penyelenggaraan pemilu.

Pemilu yang bersih dan demokratis tetap perlu melibatkan peranan masyarakat dan sejumlah stake holder untuk membantu peran Bawaslu dalam menjaga jalannya pemilu yang bersih dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam proses pemilihan.

Maka dari itu, Bawaslu Kabupaten Bekasi menghelat deklarasi pemilu bersih dan berintegritas yang berlangsung di Plaza Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Sukamahi, Cikarang Pusat, Jumat (23/11).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Jajaran kominsioner Bawaslu, KPU, perwakilan pemerintah daerah, organasis masyatakat dan pemuda, perwakilan partai politik dan masyarakat umum.

Dalam deklarasi tersebut dilakukan penandatanganan petisi mendukung Pemilu 2019 yang bersih dan berintegritas. Petisi itu ditanda tangani oleh seluruh stake holder termasuk perngurus partai politik dan juga masyarakat umum.

“Kami ingin agar Pemilu 2019 di Kabupaten Bekasi dapat berjalan aman dan tanpa kecurangan yang menimbulkan konflik,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Saiful Bachri

Ia menjelaskan, penandatanganan petisi tersebut sebagai wujud dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dalam rangka mewujudkan pemilu yang bersih dan berintegritas.

“Petisi ini sebagai simbol agar lapisan masyarakat turut bersama mewujudkan dan mensukseskan Pemilu 2019 tanpa kecurangan dan konflik,” terangnya.

Lanjut Saiful, melalui deklarasi damai yang dilaksanakan, maka diharapkan dapat meminimalisir pelanggaran – pelanggaran saat pemilu berlangsung.

“Harapannya, parpol dalam melakukan kampanye pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan damai, tidak ada pelanggaran, sehingga nanti hasilnya diakui oleh masyarakat dengan baik,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju menambahkan, ada beberapa hal yang menjadi masukan dari Pemkab Bekasi berkaitan dengan Pemilu 2019 mendatang.

Salah satu yang menjadi masukan ke Bawaslu, yakni waktu yang digunakan masyarakat saat membuka dan memilih calon pemimpin.

“Harus bisa bersosialisasi pada masyarakat, karena ternyata jumlah surat suara nanti sangat banyak. Sehinnga perlu diantisipasi kira-kira berapa menit berada di bilik,” ucapnya.

Perlu di ketahui, pada Pemilu 2019 nanti akan ada lima surat suara yang diberikan kepada masyarakat. Kelima surat suara tersebut, yaitu presiden dan wakil presiden, pemiilihan legislatif untuk DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Semoga dengan deklarasi ini, pelaksanaan pemilu kedepan berjalan dengan lancar, aman, bersih dan berintegritas,” harap Uju. (sar)

Related Articles

Back to top button