Realtime

Kadishub Pastikan Jalur Pantura Tidak Macet Saat Ganjil Genap

Radarbekasi.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi memastikan jalur pantura di wilayahnya tidak berdampak macet dari adanya kebijakan sistem ganjil genap di Gerbang Tol (GT) Grand Wisata Tambun yang berlaku efektif mulai 3 Desember mendatang.

“Untuk jalur Pantura dan Kalimalang saya pastikan tidak akan macet saat sistem ganjil genap diterapkan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna, Senin (26/11).

Sebab, pihaknya mulai saat ini sudah melakukan himbauan ke setiap perusahaan di kawasan industri agar tidak mengoperasionalkan kendaraan besar milik mereka di jalur Kalimalang maupun Pantura pada waktu yang ditentukannya.

“Kita sudah melakukan himbauan ke perusahaan, agar mobilnya tidak melintas di jalur pantura dan kalimalang saat ganjil genap diberlakukan,” ujarnya.

Namun  demikian, pihaknya belum mengetahui apakah hal serupa sudah dilakukan di tingkat Kementrian. “Saya belum tahu apakah sudah memberikan himbauan atau belum dari Kementrian sendiri, tetapi kalau di kita audah memberikan himbauan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sistem ganjil genap di GT Grandwisata itu akan diberlakukan pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Saat pemberlakukan, BPTJ akan menyiapkan 13 bus angkutan bagi masyarakat yang ingin menuju ke Jakarta.

Adapun diberlakukannya kebijakan ganjil genap di GT Tambun sudah tertera di dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 tahun 2018. Dalam aturan tersebut terdapat lima gerbang tol yang rencananya akan diberlakukan kebijakan itu, yakni, GT Pondok Gede Barat, Pondok Gede Timur, Bekasi Timur, Bekasi Barat, dan Tambun. (pra).

Related Articles

Back to top button