Berita Utama

Bonus Porda Kota Bekasi Cair 2019

Radarbekasi.id – Kabar kepastian bonus medali Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII 2018 bagi atlet peraih medali asal Kota Bekasi dipastikan bisa diterima pada awal 2019.

Hal itu ditegaskan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi, Abdul Rosyad Irwan ketika dikonfirmasi Radar Bekasi, Rabu (28/11).

”Bonus atlet memang sejak awal bahwa anggaran untuk bonus itu diagendakan di tahun 2019. Adapun keinginan kita KONI Kota Bekasi agar bisa direalisasikan ditahun ini, itu gak bisa karena sudah di ploting di tahun 2019,”ujar Abdul Royad Irwan.

Pihaknya berharap awal 2019 bonus bagi pejuang olahraga Kota Bekasi itu sudah bisa diterima. Pasalnya besaran bonus sudah masuk pembahasan di DPRD Kota Bekasi.

”Sudah masuk ke pembahasan dewan dan dalam beberapa hari kedepan ada penetapan. Realisasinya tahun 2019 kita berharap diawal sudah bisa direalisasikan,”tambah pria yang akrab disapa Bang Yan ini.

Seperti porda-porda sebelumnya penyerahan bonus kemungkinan bisa diawal Januari atau paling lambat bulan keempat atau kelima 2019.

”Bisa jadi kalau memang kesiapan dari kas daerahnya, pencairan bisa lebih awal, kita berharap,”jelasnya.

Diketahui besaran bonus untuk atlet perorangan peraih medali emas yaitu Rp100 juta, medali perak Rp50 juta dan medali perunggu Rp25 juta. Sementara untuk kategori beregu besaran bonus disesuaikan. Dipastikan satu nomor nilai bonus lebih besar dari perorangan karena dibagi dengan beberapa atlet.

Sejauh ini KONI sudah memberikan usulan besaran bonus peraih medali perunggu yang angka pastinya masih menunggu persetujuan. ”Kita sudah punya draft kita sudah ajukan mana yang disepakati yang jelas berbeda emas beregu dan perorangan pastinya itu,”tambahnya

Tidak hanya bonus uang, atlet peraih medali emas juga diberikan tambahan bonus umrah. ”Ada bonus umrah hanya untuk peraih medali emas saja,”paparnya.

KONI Kota Bekasi juga memastikan adanya bonus atau bentuk penghargaan yang diberikan kepada pelatih dan wadah atlet bernaung yaitu pengurus cabang olahraga sebagai bentuk pembinaan.

”Untuk bonus pelatih ada, untuk pembinaan pengcab juga ada. Contohnya salah satu pengcab bisa menghasilkan emas disitu ada atlet pelatih. Jadi insya allah tiga unsur itu, atlet, pelatih dan pengcab kita akan apresiasi,”tambahnya

Untuk proses penyerahan nanti, KONI masih belum memastikan proses teknisnya, bisa secara simbolis di seremonial dan sistem transver langsung ke rekening atlet.

”Itu teknis bagaimana nanti baiknya saja bisa juga langsung ke rekening atlet yang bersangkutan,”paparnya.

Diketahui, KONI Kota Bekasi sendiri total meraih 159 medali dengan rincian 46 medali emas, 53 medali perak dan 60 perunggu.  Mereka menerjunkan 45 cabang olahraga di Porda Jawa Barat XIII 2018 di Kabupaten Bogor Oktober lalu. Sembilan cabang olahraga tercatat tidak dapat menyumbangkan medali. (one)

Related Articles

Back to top button