Berita Utama

Langganan Banjir Sejak 2007

Radarbekasi.id – Banjir merendam wilayah RW 10 Komplek AL Jatibening, Kamis (29/11). Ketinggiannya mencapai sekitar 40 hingga 50 sentimeter.

Wilayah itu kerap dilanda banjir sejak beberapa tahun yang lalu, tepatnya sekitar tahun 2007 silam. Air merendam jalan dan sejumlah rumah warga yang ada di perumahan tersebut ketika intensitas hujan yang relatif tinggi turun dalam kurun waktu tertentu.

Humas RW 10, Johnny Haryoto (62) mengatakan,  air merendam jalan dan sedikit rumah di 12 Rukun Tetangga (RT) yang ada di blok A sampai blok D komplek tersebut.

Ia menjelaskan, di RW tersebut terdapat sekitar 500 rumah dengan jumlah kepala keluarga (KK) masing – masing satu sampai dua KK setiap rumahnya. “Setiap hujan besar banjir, tapi ada yang cepat surut dan ada yang lama surutnya,” katanya kemarin.

Menurutnya, wilayah tersebut dikelilingi sejumlah pemukiman yang berada di wilayah yang lebih tinggi. Sehingga, air dari tempat yang lebih tinggi itu turun ke perumahan.

Saat ini tidak semua rumah terkena banjir karena sudah direnovasi. Namun, untuk rumah yang belum direnovasi berpotensi terendam banjir. Karena, posisinya lebih rendah atau sejajar dengan jalan.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Bekasi untuk pengerukan kali yang ada di komplek tersebut. Karena kondisi kali itu sudah dangkal. “Kita maunya enggak banjir lagi, salah satunya dengan pengurasan kali,” harapnya.

Petugas keamanan setempat, Basir (58) menyatakan, warga yang menggunakan mobil kerap memarkirkan kendaraan di dekat pos keamanan setempat saat wilayah itu dilanda banjir. Pasalnya, kendaraan tidak memungkinkan untuk melintasi banjir.

Berdasarkan pantauan Radar Bekasi, terdapat pembatas jalan berupa tali maupun rambu yang dipasang di sejumlah titik yang ada di komplek itu. (neo)

Related Articles

Back to top button