Realtime

Penderita HIV/AIDS Terus Meningkat, Ini Upaya Dinkes

Radarbekasi.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi akan menambah layanan tes dan konseling bagi penderita HIV/AIDS di wilayah setempat. Langkah ini dilakukan menyusul terus meningkatnya jumlah penderitanya dalam setiap tahun.

Berdasarkan data yang dihimpun, penderita HIV/AIDS di 2017 berjumlah 1363 orang. Jumlah penderita pada 2018 meningkat 13,7 persen, menjadi 1551 orang.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Dr Irfan Maulana menjelaskan, penularan virus HIV/AIDS paling banyak melalui hubungan seks yang tidak aman, atau kerap bergonta-ganti pasangan.

“Faktor utama karena hubungan seks. Bahkan virus ini juga menyerang ibu hamil, termasuk dengan calon banyinya, karena suaminya menderita HIV/AID. Untuk itu kita harus melakukan pencegahan,” ujarnya, Jumat (30/11).

Menurut dia, salah satu pencegahan yang dilakukan dengan upaya deteksi dini, yaitu menambah layanan tes, dan konseling yang ada di puskesmas. Rencananya, layanan yang pada awalnya hanya ada di 14 puskesmas, akan ditambah di 19 puskesmas.

“Kita akan menambah layanan layanan tes, dan konseling penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Dia menegaskan, dengan adanya layanan itu, maka mendekatkan pelayanan bagi penderita HIV/AIDS, khususnya di titik-titik lokasi rawan virus tersebut. Dengan demikian, mereka yang beresiko terkena virus itu bisa melakukan tes di puskesmas.

“Selain layanan konseling kita juga akan memberikan obat-obatan bagi si penderita, termasuk penambahan layanan, dan petugas di puskemas juga akan dilatih agar dapat melayani pasien HIV/AIDS,” pungkasnya. (pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + eleven =

Close