Bisnis

Yayasan Metropolitan Peduli Targetkan 5 Ribu Kantong Darah

Radarbekasi.id – PT Metropolitan Land Tbk (Metland) melalui Yayasan Metropolitan Peduli (YMP) menargetkan 5 ribu kantong darah dalam pencanangan pekan donor darah yang berlangsung di Grand Metropolitan Bekasi, Minggu (2/12).

Ketua Bidang II KSN, Nanda Widya menjelaskan, kegiatan donor darah dilaksanakan dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang diperingati setiap 20 Desember. Kegiatan ini telah dilakukan sejak awal November lalu di beberapa tempat seperti unit perumahan Metland Menteng, Metland Cibitung, Metropolitan Mall Bekasi, dan rumah sakit Mitra Keluarga.

“Pada kegiatan pencanangan donor darah hari ini, serentak juga dilakukan di dua tempat lainnya yaitu KalCare Pondok Indah Mall 2 dan KalCare Bintaro Jaya Xchange,” ujar Nanda.

Lebih lanjut, Nanda mengatakan, untuk mencapai target kantong darah, YMP menggandeng mitra dan relasi seluas-luasnya. Tahun ini kegiatan donor darah dilakukan di lebih dari 30 kota di Indonesia.

“Titik lokasi terbagi dalam beberapa tempat,  diantaranya universitas, perumahan, hotel, dan mal dengan total sekitar 60 titik lokasi yang berpartisipasi,” imbuh Nanda.

Nanda menjelaskan, kegiatan donor darah merupakan bentuk dukungan untuk memenuhi kebutuhan kantong darah di Indonesia. Berdasarkan data Palang Merah Indonesia (PMI), kebutuhan darah mencapai 5,1 juta kantong darah per tahunnya, sementara yang terpenuhi hanya sekitar 4,2 juta kantong darah. Angka yang kurang dari target ini mengakibatkan banyak rumah sakit masih sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah.

“Sejak dilakukan November, sudah terkumpul 1000 kantong darah. Mudah-mudahan target 5 ribu kantong darah sampai akhir Desember bisa melebihi,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos, Pepen Nazaruddin menyambut baik kegiatan tersebut. Dia mengatakan, pemerintah menargetkan bahwa masyarakat dapat melakukan kegiatan sosial setiap hari.

Acara puncak HKSN akan dihelat pada 19 Desember 2018 di lapangan IPPOT TAPA Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Panitia HKSN 2018 bidang sosial dan kesejahteraan masyarakat akan menghelat kegiatan donor darah dan pengobatan gratis pada tanggal tersebut dengan target 1000 pasien. (oke)

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 9 =

Close