Berita Utama

Kartu Identitas Disabilitas Diterbitkan Hari Ini

Radarbekasi.id – Kartu Identitas Disabilitas akan diterbitkan hari ini, Senin (3/12). Demikian hal itu disampaikan Menteri Sosial, Agus Gumiwang.

Ia menjelaskan, kartu tersebut diterbitkan atas dasar amanat dari undang – undang dan dorongan dari Persatuan Penyandang Disabilitasi Indonesia (PPDI).

Kartu itu bermanfaat untuk mendata jumlah penyandang disabilitas agar terdata dengan akurat. Karena, sejauh ini masih ada warga yang belum mendaftarkan diri ke dinas sosial di masing – masing daerah.

Dirinya mengimbau agar kepala dinas sosial pro aktif turun ke masyarakat untuk melakukan pendataan.

“Semua harus data, karena ada beberapa perbedaan. Misalnya di Susenas (Survey Sosial Ekonomi Nasional). Di Susenas itu ada enam juta populasi jumlah disabilitas lalu di Supas (Survey Penduduk Antar Sensus) ada 20 juta. Ini kan perbedaan yang luar biasa dari 6 ke 20 ada 14 juta, ini darimana?. Nah ini yang harus terus kita benahi,” katanya saat hadir dalam rangkaian Hari Disabilitas Internasional 2018, Minggu (2/12).

Ia menyatakan, dengan adanya pendataan itu maka pihaknya dapat merumuskan kebijakan yang baik. “Misalnya besok insya Allah kita akan me – launch kartu identitas disabilitas atas amanah undang-undang dan permintaan dari persatuan penyandang disabilitas Indonesia agar kartu identitas disabilitas itu segera kita launch. Besok insya Allah secara simbolis akan disampaikan oleh presiden,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya berencana untuk mengembangkan kartu tersebut menjadi kartu yang memiliki manfaat.  “Kartu identitas itu kan bukan hanya dia itu terdata, bahkan kedepan kami kerjasamakan, kami cari-cari pola kerjasama dengan berbagai hal, termasuk dunia usaha,” tuturnya. (neo)

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =

Close