Realtime

Apindo Minta Pemda Sosialiasikan Kemampuan Penyandang Disabilitas

Radarbekasi.id – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi meminta pemerintah setempat untuk memberikan sosialisasi ke perusahaan mengenai kemampuan kerja penyandang disabilitas.

“Seharusnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi memberikan sosialisasi ke kawasan industri, atau perusahaan bagi penyandang disabilitas yang mempunyai kemampuan,” ujar Ketua Apindo Kabupaten Bekasi, Sutomo Radar Bekasi, Selasa (4/12).

Hal itu dikatakan Sutomo menanggapi masih minimnya penyerapan tenaga kerja di perusahaan bagi penyandang disabilitas. Menurut dia, melalui sosialisasi perusahaan bisa mengetahui kemampuan penyandang disabilitas dan menyesuaikan penempatan kerja.

“Misalkan saya bekerja di bidang kesehatan, saat saya membutuhkan orang untuk bekerja dibidang kesehatan, jadi enak mau cari kemana. Kalau ada wadahnya, sampai saat ini belum ada,” ujarnya.

Dikatakan Sutomo, kemungkinan wadahnya sudah ada tetapi kurang diperkenalkan ke dunia industri. Sosialiasi penting untuk dilakukan agar perusahaan bisa mengetahui kemampuan penyandang disabilitas.

Apalagi, perusahaan yang memperkerjakan penyandang disabilitas harus menyiapkan fasilitas khusus, seperti toilet. “Sebenarnya sudah ada beberapa perusahaan yang memperkerjakan penyandang disabilitas, seperti di PT. Denso, dan PT. Omron. Jadi penyerapan sudah ada, tinggal memperkenalkan atau mensosialisaikan saja yang kurang,” tukasnya (pra).

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 11 =

Close