Berita Utama

Jokowi Optimis Menang di Jabar

Pilpres 2014 Kalah

Radarbekasi.id – Meski sempat kalah suara pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 lalu di Jawa Barat (Jabar), namun pada Pilpres 2019 mendatang, Calon Presiden (Capres) Jokowi optimistis untuk meraih suara lebih banyak di wilayah Jawa Barat.

“Insya Allah menang,” kata Jokowi saat berkunjung ke Summarecon Mal Bekasi (SMB) dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional, Senin (3/12).

Menurutnya, semua tim akan bekerja keras, dan dirinya juga sudah berkali-kali turun ke wilayah Jabar. Sehingga ia meyakini, dari hasil blusukan tersebut, dia (Jokowi-red) bersama Ma’ruf Amin akan memenangi Pilpres di wilayah Jabar.

“Pilpres 2014 beda dengan Pilpres 2019. Walaupun prediksi saya menang tipis,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, capres nomor urut 01 ini juga mengeluarkan janji politik nya, dengan segera merealisasikan pembangunan pabrik khusus bagi pekerja dari kalangan penyandang disabilitas.

Sehingga, menurut Jokowi, hal ini adalah pekerjaan besar bagi pemerintah untuk memberikan ruang agar mendapat akses ekonomi, pelatihan maupun industri untuk menerima disabilitas sebagai bagian dari perusahaan.

Meski sudah ada Undang-undang yang mengatur tentang hak-hak penyandang disabilitas, Jokowi menyadari, realisasi di lapangan belum sesuai harapan. Sehingga pemerintah berupaya mencari cara agar Indonesia ramah bagi kaum difabel.

“Doakan saya bisa lanjut, sehingga seluruh pembangunan, sarana transportasi akan didorong untuk ramah kepada penyandang disabilitas,” terangnya.

Ditempat yang sama, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, optimis Jokowi – Ma’ruf Amin akan memenangkan Pilpres dan meraih suara signifikan di Jabar.

“Saya berharap untuk memilih pemimpin yang sudah berpengalaman. Beri kesempatan seorang presiden itu menjabat dua kali, kalau sekali itu banyak program yang belum selesai. Lebih baik negeri ini punya semangat keberlanjutan. Sehingga program yang baik juga bisa dilanjutkan,” imbuhnya.

Perlu diketahui. Pada Pilpres 2014 lalu, suara Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla, di bawah lawan nya Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa di Provinsi Jabar.

Berdasarkan data rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan perolehan suara 14.167.381 atau 59,78 persen. Sementara itu, pasangan Jokowi-JK mendapat suara 9.530.315 atau 40,22 persen.

Pasangan Prabowo-Hatta menang di 22 kabupaten/kota di Jabar. Sementara Jokowi-JK hanya unggul di empat kabupaten/kota di Jabar, yakni Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon. (sar)

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =

Close