Realtime

Apindo : Setiap Permasalahan Dikembalikan kepada Musyawarah

Radarbekasi.id – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi berharap pencanangan Hubungan Industrial Pancasila dapat mengatasi setiap persoalan yang terjadi antara perusahaan dan pekerja di kemudian hari.

“Kita berharap setelah adanya (pencanangan) ini, agar permasalahan dan persoalaan dikembalikan kepada sebuah musyawarah, bisa saling mengerti, memahami, serta saling menghargai antar satu dan lainnya,” ujar Ketua Apindo Kabupaten Bekasi, Sutomo.

Hal itu dikatakan Sutomo dalam acara penandatanganan komitmen Hubungan Industrial Pancasila di Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang, Rabu (5/12). Kegiatan ini dilakukan dari unsur perusahaan, serikat pekerja, dan pemerintah.

Menurut Sutomo, pencanangan hubungan industrial tingkat Kabupaten Bekasi pernah dilakukan pada 1974 lalu. Dengan diberlakukannya kembali di tahun ini, diharapkan industri di Kabupaten Bekasi bisa menjadi role model di Indonesia.

“Hubungan industrial itu sebuah bagian yang disebut sarana hubungan industrial yang memiliki tujuan, keseimbangan dan keadilan,” ujarnya.

Dia memastikan, tahun ini akan melakukan sosialiasi Hubungan Industrial Pancasila ke perusahaan maupun pekerja tentang pemahaman agar bisa diterapkan di perusahaannya.

“Kita juga akan sosialisasikan agar semua bisa menerapkan di perusahaannya masing-masing,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Edy Rochyadi mengatakan, pencanangan Hubungan Industrial Pancasila dapat menyelsaikan permasalahan yang selama ini kerap terjadi antara pekerja dengan perusahaan.

“Jadi gini, berangkat dari kegalauan bahasa kitanya antar pihak perusahaan dan serikat, ini untuk menanganin itu semua, dan respon dari perusahaan sangat bagus,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejumlah perusahaan telah dibekali materi Hubungan Industrial yang disisipkan Pancasila agar bisa menyelsaikan masalah secara musyawarah apabila terjadi permasalahan di perusahaannya. (pra).

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 4 =

Close