Metropolis

Pengamat: Tol Becakayu Ubah Wajah Bekasi

Radarbekasi.id – Pengamat Perkotaan, Yayat Supriatna, mengatakan pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) memiliki dampak besar bagi daerah yang dilintasi.

Dengan adanya Tol Becakayu kata dia, Bekasi akan memiliki fungsi tersendiri dari kota-kota lainnya. Karena memiliki akses cepat ke Jakarta.

Nilai positif lainnya, pembangunan infrastruktur jalan itu juga bisa dimanfaatkan sebagai integrasi transportasi massal, dan meningkatkan aspek bisnis dan ekonomi.

Melihat akses transportasi yang cepat, pihak pengusaha yang ada di Jakarta diprediksi  akan pindah ke Bekasi untuk menggarap bisnis mereka. Sehingga menarik investasi dan meningkatkan perekonomian.

”Untuk yang negatifnya, kita juga harus melihat apakah Tol Becakayu itu sebagai penyangga atau memilki multifungsi pembangunan atau untuk keperluan yang lainnya. Yang pasti negatifnya sedikit, lebih banyak positifnya,”ujar Yayat kepada Radar Bekasi.

Selain itu, hadirnya Tol Becakayu diakuinya dapat berdampak besar terhadap estetika Kota Bekasi.  ”Dalam penataan atau pembangunan, akan cepat sekali berubah karena sisi jarak tempuh akan menjadi lebih pendek di sisi waktu dia kan menjadi lebih cepat. Mudah-mudahan tolnya tidak macet,”paparnya

Terkait perubahan besar tersebut, Yayat menilai Kota Bekasi harus lebih siap.

”Kota Bekasi harus siap. Apa jangan-jangan Kota Bekasi belum siap dengan adanya Tol Becakayu,”ucap Yayat sambil melempar tawa.

Yayat menilai, dengan pembangunan tersebut Kota Bekasi sejatinya bisa melakukan terobosan terutama untuk mengintegrasikan sarana transportasi, hingga aspek ekonomi. Sehingga hadirnya Tol Becakayu bisa cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sambung Yayat, penerima manfaat fasilitas itu diharapkannya juga tidak hanya warga di pusat kota.

“Adanya pembangunan, Kota Bekasi harus menampung warga yang bawah tengah, dan lainnya. Pembangunan itu jangan hanya yang di pusat kota saja.” jelasnya

Pembangunan besar Kota Bekasi juga harus diimbangi wajah kota yang metropolitan dan juga berdampak pada ekonominya. Dengan adanya Tol Becakayu bisa menarik lebih banyak orang Jakarta ke Bekasi untuk bekerja.

Sehingga kata dia, Bekasi harus di buat lebih nyaman bagaimana Kota Bekasi menjadi kota yang tertib, kota yang teratur dan tidak terkesan kota yang tertinggal.

“Buatlah Kota Bekasi yang memang modern, rapi, aman, enak bagi pejalan kaki dan bekasi harus dihijaukan oleh pemerintah yang mana itu untuk masyarakatnya,”jelasnya

Diamping itu, hadirnya Tol Becakayu membuat laju transportasi meningkat. Kota Bekasi harus segera membuat terobosan dengan akses semacam angkutan massal yang melintasi Tol Becakayu.

“Jadi orang dengan jalan tol itu tidak harus menggunakan kendaraan pribadi akan tetapi bisa dengan kendaraann umum yang memiliki jalur khusus,”ujarnya mencotohkan integrasi moda transportasi Trans Jakarta dari Bekasi (pay)

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =

Close