Berita Utama

Peningkatan Tren Belanja Tak Signifikan

Ketua DPC APPBI Bekasi
Ketua DPC APPBI Bekasi, Djaelani

Radarbekasi.id – Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) mencatat kenaikan tren belanja akhir tahun di wilayah Bekasi. Namun kenaikan yang terjadi di tahun ini, tak signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Ketua DPC APPBI Bekasi, Djaelani mengatakan, kenaikan tren belanja akhir tahun sudah mulai terjadi pada November dan Desember 2018. Kenaikan yang terjadi berada di angka 10 sampai 20 persen dibandingkan Januari sampai Oktober.

Hal ini tidak terlepas dari event maupun promo yang diberikan oleh tenan pusat perbelanjaan untuk para pelanggannya. Seperti potongan harga di tenant fesyen maupun F & B.

“Kita lihat dari traffic kendaran, kenaikan jumlah pengunjung di angka 10 sampai 20 persen, bahkan ada yang mencapai 35 persen. Dibandingkan tahun lalu, peningkatannya memang tak signifikan. Karena tahun lalu bisa mencapai 40 persen kenaikan,” tutur Djaelani di Grand Metropolitan Bekasi, belum lama ini.

Menurut Djaelani, hingga saat ini ada 18 pusat perbelanjaan di Kota maupun Kabupaten Bekasi. Peningkatan yang terjadi di pusat perbelanjaan berbeda-beda.

“Tergantung konsep malnya. Kalau mal dengan konsep one stop shopping, seperti Metropolitan Mal peningkatannya tinggi,” kata dia.

Sebab, masyarakat yang datang ke pusat perbelanjaan saat ini tidak hanya untuk belanja, melainkan juga makan atau berkumpul bersama dengan keluarga maupun teman-temannya.

 “Jadi kalau konsepnya one stop shopping, masyarakat bisa sekalian membeli apa yang mereka butuhkan,” imbuhnya.

Dzaelani menjelaskan, menurunnya tren belanja di akhir tahun ini karena kondisi perekonomian nasional yang masih stagnan sehingga membuat masyarakat mengurangi jumlah pengeluarannya untuk berbelanja. Selain itu, juga karena pembangunan infrastruktur seperti Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) yang berimbas pada kemacetan arus lalu lintas.

“Toko daring yang berkembang sangat pesat juga turut memengaruhi tren belanja akhir tahun di 2018 ini,” pungkasnya. (oke)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =

Close