Realtime

Pelaku Pencurian Material Bahan Bangunan Proyek Ditangkap

Radarbekasi.id – Pihak kepolisian berhasil menangkap, HSP (56), pelaku pencurian besi sca folding untuk proyek  Jalan Layang Tol di KM 35, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, belum lama ini. Penangkapan dilakukan setelah adanya laporan dari pengembang PT Acset karena sering kehilangan material bahan bangunan.

Kanit Reskrim Polsek Cikarang Selatan, Iptu Jefri menjelaskan, penangkapan berawal dari laporan saksi yang melihat HSP memasuki kawasan proyek dengan menggunakan mobil Suzuki Pick Up bernomor polisi polisi B 9025 FUB. Saat itu, saksi melihat pelaku sedang mengangkut besi sca folding ke dalam mobil yang dibawanya.

“Saksi yang melihat langsung menelpon pihak pengembang, lalu pihak pengembang sendiri menelpon pihak kepolisian, dan kita langsung lakukan penangkapan,” ucapnya, Jumat (7/12).

Kepada polisi, pelaku mengaku sudah melakukan aksinya selama tiga kali dengan lokasi yang berbeda. Namun material bahan bangunan yang di curi sama. Barang hasil curian di jual seharga Rp 5 ribu per kilo gram kepada pengepul di Kalimalang.

“Pelaku menjual besi di daerah Kalimalang, sekali melakukan aksinya pelaku membawa 39 besi dengan menggunakan mobil Suzuki Pick Up. Pengakuan pelaku hasilnya untuk kehidupan sehari-hari, karena hasil menyupir masih kurang,” tuturnya.

Modusnya, pencurian dilakukan setiap tengah malam dengan menyamar dan masuk ke kawasan proyek dengan membawa kendaraan yang biasa dipakai. Dalam waktu 15 menit, pelaku bisa mengambil 39 besi sca folding.

“Pelaku melakukan aksinya sendiri, dia masuk ke dalam tol, lalu untuk naiki besi juga sendiri, hanya butuh 15 menit, 39 besi berhasil dinaiki ke mobil,” jelasnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan, satu lembar bukti pembelian barang berupa sca folding milik PT Acset, dan satu unit mobil Suzuki Pick Up bernomor polisi B 9025 FUB yang berisi 39 batang sca folding. Atas perbuataanya pelaku dikenakan pasal 363 KUHP,  dengan ancaman hukuman penjara diatas lima tahun. (pra).

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =

Close