Politik

DPT Kota Bekasi Kembali Bertambah

Radarbekasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap dua jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang, yakni 1.682.120 dengan rincian 835.862 laki-laki dan 845.258 perempuan.

Jumlah tersebut bertambah sebanyak 62.049 jiwa, dari DPT pada pilkada serentak 2018 lalu, sebanyak 1.620.000 jiwa.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni mengatakan, dengan bertambahnya jumlah DPT, maka secara otomatis berdampak juga terhadap bertambahnya jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“TPS Kota Bekasi bertambah sebanyak 220 TPS. Sebelumnya, ada 6.500 TPS, maka setelah penambahan menjadi 6.720 TPS,” terang Nurul usai Rapat Pleno DPTHP tahap dua, di Kantor KPU Kota Bekasi, Margahayu, Bekasi Timur, Selasa (11/12).

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Muhammad Iqbal Alam Islami menyatakan, hasil DPT yang ditetapkan oleh KPU Kota Bekasi, sudah final. Meski demikian, tidak menutup kemungkin ada perubahan di tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Angka itu sudah final. Kalau nanti ada revisi dari provinsi, maka akan dikembalikan ke daerah masing-masing,” ucapnya.

Bawaslu sendiri sudah memberikan sejumlah rekomendasi. Namun catatan terpenting adalah, khusus bagi pemilih pemula harus sudah selesai melakukan perekaman maksimal tujuh hari sebelum pemilihan. (sar)

Related Articles

Back to top button