Metropolis

Baru 30 Persen Pengusaha Ritel Terapkan Perwal

Radarbekasi.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi mencatat baru sekitar 30 perusahaan ritel yang menerapkan Peraturan Wali Kota Bekasi nomor 61 tahun 2018 tentang Penggunaan Pengurangan Kantong Plastik.

Kepala Disperindag Kota Bekasi, Makbullah mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada ritel, pusat perbelanjaan dan pertokoan untuk menindaklanjuti perwal yang sudah diterbitkan tersebut.

Selain itu, Diseperindag juga sudah mengimbau kepada masyarakat untuk membawa kantong belanja sendiri saat belanja baik di pasar tradisional maupun ritel dan mal.

Dirinya mengungkapkan, masih ada sejumlah pengusaha yang masih menggunakan kantong plastik konvensional.

“Paling banyak 30 persen (sudah menerapkan kantong plastik ramah lingkungkan) dari total yang ada terutama itu mah yang kaya hypermarket-hypermarket yang sudah menerapkan seperti itu, jadi kalau yang indomaret, alfamart seperti itu masih pake kantong plastik biasa kalau kita lihat, mungkin bertahap,” ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya akan segera melakukakan kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk merumuskan regulasi guna menindaklanjuti tersebut.

Kesadaran masyarakat dinilai perlu untuk membantu mengurangi produksi sampah plastik dan membantu pemerintah dalam mengurangi sampah plastik tersebut terutama ketika berbelanja di pasar tradisional. (sur)

Related Articles

Back to top button