Cikarang

Ratusan PKL Ditertibkan

Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Sudarso dan Jalan R.E. Martadinata, Kecamatan Cikarang Utara ditertibkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja setempat, Rabu (12/12).

Kepala Satpol PP Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, penertiban ratusan PKL dilakukan karena keberadaan mereka telah menggangu jalan umum. Seperti yang diatur dalam Perda 4 tahun 2012 tentang penertiban umum. “Sebanyak 500 pedagang kaki lima kita tertibkan hari ini,” kata Hudaya di lokasi, Rabu (12/12).

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan patroli secara rutin dan menempatkan 10 personil setiap harinya agar PKL tidak kembali lagi berjualan di lokasi tersebut. Menurutnya, keberadaan PKL yang berjualan disembarang tempat membuat kondisi sekitar menjadi semrawut dan tak enak dilihat.

“Jalan sekitar SGC akan kita sterilkan. Kita sudah lakukan rapat koordinasi dengan perangkat daerah terkait seperti Dinas Perdagangan, nanti akan di dorong ke Jalan Sumaritis, jalan akan ditutup,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Abdur Rofiq mengatakan, para pedagang yang terkena penertiban akan dipindahkan ke tempat lain. “Sebenarnya kita sudah menyiapkan sebelum pihak pemerintah menertibkan ini, pada dasarnya kita tidak menetibkan secara sporadis. Kita siapkan tempat sementara untuk mereka, selama pasar belum revatilasasi,” ujarnya.

Sementara itu, Rohman (50), salah satu PKL mengaku tidak mendapatkan pemberitahuan akan dipindahkan ke tempat lain. Pasalnya, di dalam surat pemberitahuan yang ia terima hanya sebatas penertiban saja.

“Tidak ada pemberitahuan kalau mau dipindahkan, sistemnya seperti apa juga tidak tahu,” ujarnya.

Seharusnya, lanjut dia, dilakukan pendataan terlebih dahulu kalau memang pemerintah berencana untuk memindahkan PKL. “Kita senang disiapkan tempat, tapi harus data dulu, karena tidak mungkin pedagang asesoris, makanan, dijadikan satu dengan pedagang sayuran,” ujarnya. (pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker