Berita Utama

Belum Miliki Master Plan Pembangunan Jalan

Radarbekasi.id – Pemkab Bekasi belum memiliki Master Plan pembangunan jalan diwilayahnya. Hal tersebut mendapat kritik dari Pengamat Tata Ruang, Yayat Supriyatna.

Dirinya menuturkan, Master Plan jalan sangat penting untuk pembangunan yang merata disetiap daerah. Sehingga suatu pemerintah daerah bisa mempunyai target dalam pembangunan infrastruktur.

Menurut Yayat, keberadaan Master Plan jalan jgua telah diatur dalam Undang Undang RI No 38 tahun 2004 tentang jalan dan Undang Undang RI No 26 tahun 2007 tentang penataan ruang.

“Jadi Master Plan ini bisa menjadi acuan dalam pembangunan. Sehingga pemerintah bisa mengetahui, mana – mana jalan yang harus diutamakan terlebih dahulu,” ujarnya.

Apabila tidak memiliki Master Plan, maka dapat berdampak pada lambatnya perencanaan yang dibangun.

Sebab, pemerintah belum dapat mengetahui dimana jalan yang belum tersentuh pembangunan. Dan berapa panjang jalan yang ada beserta kategori jalan seperti jalan protokol, arteri, jalan penghubung wilayah, jalan lingkungan, dan jalan provinsi serta jalan pusat.

“Infrastruktur yang baik seperti jalan sangat penting untuk pertumbuhan dan pergerakan ekonomi,  dan sosial budaya,”ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Iman Nugraha menuturkan, pihaknya untuk saat ini belum memiliki Master Plan jalan.

Sehingga, pembangunan yang dilakukan hanya berdasarkan usulan masyarakat yang disampaikan melalui musyawarah rencana pembangunan (Murenbang). Selain itu, juga mengacu pada rencana yang sudah disusun dalam rencana strategis dinas dan rencana pembangunan jangka menengah daerah(RMJD).

“Memang untuk Mater Plan jalan belum.  Sebab dengan adanya dokumen tersebut sangat baik untuk pembangunan teruma infrastruktur,”katanya. (and) 

Related Articles

Back to top button