Realtime

Dinas Perdagangan Klaim Harga Bahan Pokok Stabil

Radarbekasi.id – Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi mengklaim harga bahan pokok di Pasar Induk Cibitung masih stabil, belum ada kenaikan yang signifikan.

“Setau saya harga di Pasar Induk Cibitung masih terbilang stabil, walaupun nanti akan naik bukan karena Natal dan Tahun Baru, tapi karena cenderung ke musim penghujan,” kata  Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Abdul Rofiq, belum lama ini.

Menurut dia, datangnya musim penghujan membuat pemasokan sayuran ke Pasar Induk Cibitung berkurang. Sedangkan peminat semakin meningkat, sehingga harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

“Jadi semakin sedikit pemasokan, peminat semakin banyak, makanya harga akan naik. Tapi naiknya tidak terlalu signifikan,” ujarnya.

Saat disinggung mengenai kenaikan cabai yang sampai Rp120 per kilogram, Rofiq mengatakan, pedagang hanya mengikuti harga jual dari pemasok. Oleh sebab, seharunya pemasok yang harus menstabilkan harga.

“Saya pikir sampai saat ini pemasokan buat Kabupaten Bekasi masih stabil, rata-rata penghasilnya dari Garut, daerah Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” katanya.

Kendati demikian, dirinya tidak berani menjamin pemasokan akan stabil terus. Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan, maka harga bahan pokok akan berpengaruh.

“Sampai Tahun Baru harga masih aman, kecuali ada bencana alam di tempat penghasil sayuran, maupun banjir yang terjadi di jalan menuju Kabupaten Bekasi. Kemungkinan besar harga naik, ” tutupnya. (pra).

Related Articles

Back to top button