Metropolis

Jalan Protokol Digenangi Air

Radarbekasi.id – Hujan deras disertai angin kencang kembali membuat sejumlah jalan protokol seperti Jalan Raya Pekayon hingga Jalan KH Noer Alie Kalimalang di kolong Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) kembali digenangi, Kamis (13/12) malam.

Ketinggian air yang mencapai sekitar 30 – 40 sentimeter itu membuat sejumlah kendaraan mogok saat melintasi jalan tersebut.

Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi, Arif Maulana mengatakan, genangan di bawah jembatan Tol JORR disebabkan karena hujan yang sangat deras. Sehingga, saluran pembuang ke kolam hisap tidak dapat menampung dan air tergenang.

“Tergenangnya jalan itu karena air yang dihisap menunggu antrean masuk ke kolam hisap untuk disedot oleh pompa untuk dibuang ke kali cakung,” kata Arif kepada Radar Bekasi, kemarin Kamis (13/12).

Namun, upaya penanganan yang dilakukan sebelum air meluap sudah disiapkan pompa tambahan atau pompa mobil. Dan sampai saat ini pompa masih bekerja, baik pompa statis yang ada dilokasi maupun pompa mobil.

“Untuk penangan pelebaran saluran pembuang, Kami sudah mengusahakan minta bantuan ke pengelola proyek Becakayu (Tol Layang Bekasi Cawang Kampung Melayu) dan kota bintang. Semoga permohonan bantuan tersebut dapat segera terealisasi,” ucapnya.

Mengenai genangan air yang berada di Jalan Raya Pekayon tepatnya di depan Apartemen Kemang View, Arif menyatakan hal itu disebabkan karena tersumbatnya aliran air oleh sampah yang terbawa dari saluran Jakasetia.

Pihaknya sudah mengimbau kepada seluruh masyarakat melalui kepala UPTD BMSDA di 12 kecamatan, agar tidak membuang sampah ke sungai. Karena hal ini akan menyebabkan tersumbatnya aliran air sehingga meluap ke jalan, dan terjadi genangan di jalan.

“Saya mohon pengertian dan kerjasamanya dari seluruh lapisan masyarakat agar saling menjaga lingkungan, untuk kepentingan masyarakat kota bekasi,” pungkasnya. (pay)

Related Articles

Back to top button