Berita Utama

BBWSCC Pastikan Perbaikan Tanggul Cipendawa

Radarbekasi.id – Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) memastikan alokasi dana untuk perbaikan Tanggul yang telah longsor hampir dua tahun di Jalan Cipendawa. Nantinya, anggaran yang dialokasikan berkisar Rp14 sampai Rp15 miliar.

Kepala BBWSCC, Bambang Hidayah bahwa ada alokasi untuk perbaikan tanggul tersebut sudah disahkan dalam APBN dan menunggu proses lelang pengerjaan perbaikan.

Proses lelang tersebut akan dilaksanakan sekitar akhir bulan Desember 2018 sampai dengan awal bulan Januari 2019.

Lelang ini akan diikuti oleh perusahaan kelas menengah. Pasalnya anggaran perbaikan longsor tersebut hanya Rp14 – 15 miliar. Sementara, perusahaan BUMN tidak bisa ikut karena harus diatas 100 Miliar.

Penyebab dibiarkannya tanggul jalan Cipendawa longsor selama hampir dua tahun ini adalah karena belum adanya anggaran dan jalan tersebut merupakan asset Pemerintah Kota Bekasi.

Sehingga, kata Bambang, BBWSCC tidak dapat ikut campur ke dalam infrastruktur yang bukan merupakan asetnya.

“Jadi kami minta dulu dihapus dulu akses pemkotnya sehingga kami bisa masuk. Nah sekarang akhirnya itu bukan aset pemkot lagi. Kalo aset belum masuk, kita gak bisa masuk karena bukan punya kita,” katanya.

Setelah bukan menjadi aset Pemkot Bekasi, maka jika terjadi kerusakan dititik lain maka BBWSCC langsung dapat memperbaikinya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya  Air (BMSDA) Kota Bekasi, Arif Maulana mengungkapkan,  kegiatan perbaikan tanggul Bekasi akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang.  Ia juga membenarkan bahwa aset tersebut telah dihapus Pemkot Bekasi.

“Karena dulu secara mendesak oleh APBD sekarang anggaran sangat besar dan Pemkot hanya jalan saja, selebihnya oleh BBWSCC,” kata Arief.

Lebih dalam Arif menjelaskan bahwa pihaknya sudah meminta bantuan kepada kementrian PUPR untuk perbaikan sampai dengan badan jalan. (sur)

Related Articles

Back to top button