Berita Utama

Liga SSB Minim Perhatian

Radarbekasi.id – Ditengah animo tinggi Sekolah Sepak Bola (SSB) mengembangkan bakat peserta didiknya, gelaran kompetisi jenjang usia justru sulit mendapat perhatian.

Pasalnya setiap gelaran event, panitia kerap menggunakan dana swadaya agar kompetisi bisa bergulir. Tidak ada anggaran khusus dan fasilitas pendukung untuk pembinaan pemain muda tersebut.

Hal itu diakui Ketua Pelaksana Liga SSB Kabupaten Bekasi 2018, Suryadi. Padahal kata dia, antusiasme SSB cukup tinggi.

“Sangat bagus, bahkan saat berada di wibawamukti pada final Sabtu (15/12), mereka sangat menikmati,” ujarnya ketika di Konfirmasi Radar Bekasi, Selasa (18/12).

Ia berharap di tahun berikutnya, Liga SSB Kabupaten Bekasi mendapatkan sponsor sekaligus mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Terutama dalam hal infrastruktur lapangan yang ada di masing- masing Kecamatan.

Roda pembinaan diakuinya juga berjalan dengan ditopang infrastruktur yang memadai di setiap wilayah.

“Tidak perlu dianggarkan dalam APBD, enam tahun sudah jadi bukti bahwa kami bisa mandiri. Beri kami kemudahan untuk menggunakan stadion, baik untuk latihan maupun pertandingan. Itu sudah cukup,” jelasnya.

Jika pemerintah daerah memiliki anggaran untuk SSB, jelas Suryadi, bisa mengangkat potensi pelatih dengan diikutsertakannya pelatih potensial mengikuti jenjang lisensi kepelatihan.

“Kami juga berharap pemerintah bisa memperbaiki itu (Pelatih). Selebihnya, kualitas lapangan di stadion-stadion mini, lapangan-lapangan latihan yang menjadi tempat latihan SSB,” ungkapnya.

Data yang berhasil dihimpun, Liga SSB Kabupaten Bekasi tahun 2018 diikuti 49 tim. Liga tersebut mempertandingkan tiga kelompok umur yakni usia 9 tahun sebanyak 14 tim, 10 tahun sebanyak 12 tim dan 11 tahun sebanyak 23 tim.

Pada klasemen akhir usia 9 tahun juara diraih  SSB Putera Utama Tambun, usia 10 tahun SSB Tunas Utara, Tambun Utara dan 11 tahun SSB Bara Babelan.

“Tetapi disisi lain, kami juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah, karena sudah diizinkan menggunakan stadion wibawamukti untuk pertandingan penutup Liga SSB Kabupaten Bekasi 2018,” tukasnya. (dan)

Close