Realtime

Pemprov Jabar Diminta Tinggikan Area Terminal Cikarang

Radarbekasi.id – Terminal Cikarang kerap kali tergenang banjir ketika intensitas hujan tinggi melanda wilayah setempat. Ketinggian air rata-rata mencapai 30 senti meter.Kondisi banjir sudah terjadi beberapa tahun lalu. Namun, belum ada upaya maksimal dari pemerintah daerah untuk mengatasinya. Padahal setiap banjir melanda menyebabkan kendaraan seperti angkutan perkotaan tidak bisa masuk area terminal.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Terminal Cikarang Bekasi Lukman Hakim mengatakan, ada beberapa faktor penyebab banjir yang kerap melanda terminal Cikarang. Pertama, karena posisi terminal yang lebih rendah dari jalan raya.

“Lalu yang kedua, pembuangan air melewati terminal dari perkampungan dan pabrik sehingga air tertahan satu jam di terminal. Ibarat motor air berhenti dulu menunggu disana surut, baru bisa mengalir,” imbuh Lukman, Rabu (19/12).

Dia meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melakukan peninggian area terminal agar banjir tidak lagi terjadi. Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan.

“Sehubungan telah diambil alihnya terminal Cikarang oleh Provinsi Jawa Barat, saya sudah melaporkan persoalan banjir ini ke sana agar bisa ditinggin area terminal,” ujarnya.

Menurutnya, untuk melakukan peninggian terminal memang butuh proses karena terlebih dulu melihat kondisi keuangan pemerintah. Untuk penanganan sementara, sebaiknya pemerintah di tingkat provinsi dan daerah bisa saling berkoordinasi.

“Selain meninggikan terminal, Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten Bekasi harus melakukan sodetan di kali sekitaran terminal, agar limpahan air langsung mengalir ke pembuangan tidak tertahan di terminal terlebih dahulu. Jadi harus ada kerjasama untuk mengatasi ini,” tukasnya (pra).

Related Articles

Back to top button