Berita Utama

Target Penerimaan Pajak Masih Kurang 7,5 Persen

Radarbekasi.id – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah Jawa Barat II, mencatat realisasi penerimaan pajak hingga saat ini telah mencapai Rp37,5 triliun dari target Rp40,5 triliun sepanjang 2018.

“Secara presentase, penerimaan pajak hingga siang ini (kemarin,red) sudah diangka 92,5 persen. Artinya masih kurang 7,5 persen untuk mencapai target,” terang Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan DJP Kanwil Jabar II, Witarto, disela acara Media Gathering di Bogor, Selasa (18/12).

Menurut dia, realisasi penerimaan pajak Rp37,5 triliun merupakan capaian tertinggi secara nasional sampai saat ini. Capaian penerimaan pajak sebesar itu berasal dari 10 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, dan satu KPP Madya dibawah naungan DJP Kanwil Jabar II.

“Tingginya penerimaan pajak ini tidak terlepas dari usaha dalam bentuk ekstensifikasi dan intensifikasi serta penegakan hukum yang telah kami lakukan,” kata Witarto.

Sepanjang tahun lalu, penerimaan pajak yang berhasil direalisasikan sebesar 95,6 persen dari target sekitar Rp33 triliun. Secara presentase, realisasi penerimaan pajak sampai akhir tahun ini diharapkan bisa lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

“Hingga akhir tahun kita berharap bisa merealisasikan target mencapai 100 persen. Cuma kalau kondisinya berat minimal bisa 96 atau 97 persen,” tukasnya.

Dia menambahkan, pihaknya memudahkan pelaporan SPT melalui e-filling dan pembayaran pajak melalui e-billing. Sampai dengan saat ini, DJP Kanwil Jabar II memiliki sekitar 800 ribu wajib pajak. Adapun tingkat kepatuhannya berada diangka 70 sampai 80 persen. (oke)

Related Articles

Back to top button