Realtime

Wagub Minta Kepala Desa dan Lurah Perdayakam LPM

Radarbekasi.id – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meminta, kepala desa dan lurah di Kabupaten Bekasi untuk memperdayakan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Hal itu disampaikannya saat menghadiri Hari Murkerda ke 1 DPD LPM Provinsi Jawa Barat di Gedung Wibawa Mukti, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jumat (21/12).

Menurut pria yang akrab disapa Kang Uu, kepala desa maupun lurah bisa bisa melibatkan LPM dalam kegiatan seperti pengerjaan pembangunan jalan. Dia meminta, jangan semua proyek infrastruktur jalan diserahkan kepada rekanan.

Dengan melibatkan LPM, kata dia, maka akan ada efek domino yang tercipta. Dia mencontohkan, misalnya ada pengerjaan jalan dengan anggaran Rp100 juta, bila dikerjakan oleh masyarakt maka uang itu bisa menambah penghasilan bagi yang ikut mengerjakannya.

“Jadi hasilnya bisa dibelanjakan oleh masyarakat, kemudian bisa menjadi nilai tambah jual masyarakat atau nilai beli masyarakat itu sendiri,” kata Kang Uu.

Sebaliknya, kalau pengerjaan infrastruktur jalan dilakukan oleh rekanan, maka anggaran yang dikeluarkan pemerintah tidak kembali kepada masyarakat melainkan hanya ke keluarga rekanan. Kendati demikian, dia menegaskan, bukan berati anti dengan rekanan.

“Tolong kalau program di desa masuk ke LPM untuk pemberdayaan masyarakat. Dan hal ini bisa menunjang,  mendorong suksesnya Jawa Barat. Terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tukasnya. (pra)

Close