Berita Utama

Harga Cabai Rawit Merah Makin ‘Pedas’

Radarbekasi.id – Hargai cabai rawit merah di Pasar Tambun mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Salah satu pedagang sayuran Galang (37) menuturkan, harga cabai tersebut naik hingga 100 peren. Sebelumnya, hanya Rp30/kg dan kini menjadi Rp60/kg.

Kemudian, cabai rawit hijau yang semula Rp17 ribu/km menjadi Rp27 ribu/kg. Sementara, cabai merah keriting dari Rp18ribu menjadi Rp28 ribu/kg.

Kenaikan yang menonjol juga terjadi pada harga wortel dari Rp10 ribu/kg menjadi Rp25-30 ribu/kg.

“Yang menonjol naik hanya dua jenis (cabai rawit merah dan wortel) barang itu saja. Sedangkan yang lain kenaikan sekitar dari Rp2ribu-10ribu,” katanya, Minggu (23/12).

Menurutnya, permasalahan tersebut terjadi karena adanya lonjakan pembeli serta masalah transportasi. “Ya beginilah kalau menjelang hari perayaan terutama lebaran dan pasti pada naik, memang para pembeli juga komplain. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang memahami,” ujarnya.

Sementara itu, pedagang telur ayam negeri Rizki (42) mengatakan harga telur mengalami kenaikan cukup fantastis.

“Sudah beberapa hari ini telur ayam mengalami kenaikan, dari harga Rp21 ribu/kg menjadi Rp25-28 ribu/kg. Harganya belum stabil setiap harinya. Namun potensi lebih mahal dari harga normal,” kata Rizki.

Sementara itu, pedagang daging sapi, Ismail menuturkan harga daging sudah naik beberapa hari lalu. Dari semula Rp110 ribu/kg menjadi Rp140 ribu/kg.

“Ya alhamdulillah pembeli mengalami kenaikan, namun dengan harga tinggi gini modal lebih banyak, dan harus menjelaskan kepada pembeli,” tuturnya.

Sementara itu salah satu masyarakat, Susan (45) menganggap hal itu sudah biasa. “Ah sudah biasa barang naik, seharusnya jangan seperti ini. Kan kasihan masyarakat harus terbebani dengan harga – harga mahal. Apalagi keadaan ekonomi sedang sulit begini, tapi kita tidak bisa berbuat apa – apa,” katanya.(and)

Related Articles

Back to top button