Berita Utama

Car Free Night Kembali Dihelat

Malam Akhir Tahun

Pemerintah Kota Bekasi bakal kembali memberlakukan Car Free Night (malam bebas kendaraan) di Jalan Ahmad Yani pada malam akhir tahun Senin (31/12) malam.

Pemberlakuan bebas kendaraan bermotor pada malam Tahun Baru 2019 itu karena Pemkot Bekasi akan menggelar panggung hiburan dan juga pesta kembang api rakyat. Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada pukul 23.00 WIB hingga 01.00 dini hari, Selasa (1/1).

Kepala Seksi Pengendalian dan Oprasional (Dalops) pada Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Bambang Normawan Putra menyampaikan, jalan tersebut akan ditutup.

Bambang juga menjelaskan, metode penutupan dan pengalihan arus lalu lintas saat Car Free Night sama seperti car free day yang di lakukan saat hari Minggu.

Penutupan jalan dimulai dari persimpangan Bekasi Cyber Park (BCP) hingga bundaran Summarecon Bekasi.

“Jam penutupan mulai jam 11 malam sampai jam 1 dini hari di malam tahun baru. Tapi situasional, kalau jam 10 malam kondisi sudah padat ya kita tutup,” katanya kepada Radar Beaksi, Kamis (27/12).

Kendaraan dari arah Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat akan dialihkan ke Jalan Raya KH Noer Alie Kalimalang. Selain itu, pengendara juga dapat lewat Jalan Rawa Tembaga belakang Kantor Pemkot Bekasi.

Untuk pengguna kendaraan bermotor dari Jalan Sulan Agung atau Kranji yang hendak menuju ke GT Bekasi Barat ataupun Pekayon dan Rawapanjang bisa melewati Jalan Kemakmuran.

Bambang menambahkan, pihaknya juga menyiapkan kantong parkir bagi warga yang hadir dalam kegiatan tesebut. Mereka dapat memarkirkan kendaraannya di sekitaran Kantor Pemkot Bekasi, Gedung Parkir Stadion Patriot Chandrabaga dan Jalan Guntur (belakang Stadion Patriot Candrabhaga).

Untuk mengatur rekayasa dan kelancaran arus lalu lintas, pihaknya menerjunkan 766 personel. “Ditambah usur kepolisian dan TNI disebar ke semua titik keramaian dan jalan protokol, tidak hanya di Jalan Ahmad Yani saat Car Free Night,” ucapnya.

Bambang mengimbau agar pada jam tersebut pengendara memilih jalur alternatif atau menggunakan jalan yang sudah disediakan dalam pengalihan arus lalu lintas. “Pengendara ikuti petunjuk petugas di lapangan. Bagi yang ingin merayakan di Car Free Night parkirlah di tempat yang telah disediakan jangan sembarangan agar aman dan tidak mengganggu arus lalu lintas,” ucapnya.

Selain di Jalan Ahmad Yani, titik keramaian juga ada di kawasan Summarecon dan Harapan Indah. “Personel kita standby, di tiga titik keramaian itu dan juga dititik keramaian lainnya. Termasuk di persimpangan lampu merah, putaran balik maupun pos pengamanan dan pelayanan bersama dalam libur natal dan tahun baru,” tuturnya. (pay)

Related Articles

Back to top button