Metropolis

Drainase Buruk, Makam Terendam

Radarbekasi.id – Sejumlah makam di kampung Bogor Panggarutan, Desa Pusaka Rakyat, Kecamatan Taruma Jaya, Kabupaten Bekasi, terendam air. Hal ini akibat sistem drainase di wilayah setempat kurang optimal. Ironisnya, kondisi tersebut sudah terjadi berulang kali setiap musim penghujan.

Pantauan Radar Bekasi, adaa sekitar puluhan makam ditempat tersebut terendam air dengan kedalaman 5 sentimeter hingga 10 sentimeter. Makam yang terendam air tersebut berada disisi jalan yang bersampingan dengan permukiman warga setempat.

Warga setempat yang rumahnya bersampingan dengan makam, Ratih (33) mengatakan kondisi makam yang kerap terendam air tersebut telah terjadi bertahun – tahun akibat saluran air yang berada disampingnya kurang optimal saat hujan melanda wilayah setempat.

“Saluran airnya kecil jadi kurang optimal menampung air hujannya jadi limpasan airnya ke kuburan itu, sejak makam ini ada saat hujan turun selalu terendam air, kasian apabila ada sanak keluarganya berziarah kadang mereka harus melepas sepatu ataupun sendal,”katanya kepada Radar Bekasi, Jumat (28/12).

Dikatakan dia, apabila terjadi hujan deras yang berkepanjangan puluhan makam tersebut terendam dengan ketinggian air hampir rata dengan kuburan bahkan tidak terlihat.

“Kalau hujan deras yang berkepanjangan pernah terjadi kuburan itu hampir tidak terlihat kadang saya inisiatif sama suami saya untuk menguras airnya pakai ember agar makam itu bisa terlihat untuk mengurangi air yang merendam puluhan kuburan tersebut, butuh penanganan mas, kalau kondisi seperti itu saja kasian, saluran airnya harus di perdalam dan di perlebar agar menampung air hujan lebih banyak,”ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Pusaka Rakyat Abdul Wahid mengaku, pihaknya akan melakukan penyedotan air dengan pompa yang sifatnya hanya sementara agar genangan air tidak terlihat di makam tersebut.

“Ya upaya tidak terlalu berarti hanya sementara saja agar ahli waris bisa berziarah sebab genangan air itu tidak surut – surut ketinggian air hanya segitu – segitu saja, mudah – mudahan tahun depan pemerintah desa akan merencanakan perbaikan saluran air yang berada di wilayah itu, memang kondisi saluran air disitu memprihatinkan,”tandasnya. (Cr43)

Related Articles

Back to top button