Politik

Empat Partai Koalisi Berebut Kursi

Radarbekasi.id – Pengamat Politik Kota Bekasi, Muhamad Tahir, memprediksi pertarungan partai politik (parpol) koalisi yang masuk kategori di posisi tengah pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Kota Bekasi 2019 mendatang, akan melibatkan empat partai, yakni PKS, PPP, PAN, dan Demokrat.

“Keempat partai ini yang tak punya calon presiden, namun punya mesin partai yang solid dan konstituen loyal. Saya kira partai – partai tengah tersebut akan berusaha meraih tujuh kursi itu,” kata Tahir.

Ia membeberkan, pada Pileg Kota Bekasi 2014 lalu, PKS meraih tujuh kursi dan masuk peringkat tiga, sedangkan PAN, PPP, dan Demokrat, hanya meraih empat kursi.

“PKS masih stabil. Saya kira untuk mempertahankan kursi, merupakan target yang realistis. Tapi harus diingat, partai seperti PPP, PAN dan Demokrat ingin menaikkan jumlah kursi mereka pada Pileg 2019 mendatang. Ketiga partai itu masih memiliki konstituen yang loyal dan punya tokoh populer yang mampu menarik pemilih potensial,” terang Tahir.

Disisi lain, pertarungan partai papan atas, diperkirakan melibatkan PDIP, Golkar dan Gerindra. Khusus PDIP dan Gerindra, Tahir melihat kedua partai itu akan mendapatkan efek ekor jas atau coattail effect maksimal di Pemilu 2019.

“Tak semua partai politik akan mendapat berkah atau insentif elektoral dari capres. Partai yang terasosiasi kuat dengan capres lah yang mendapatkan berkah maksimal,” ujarnya.

“Kedua partai ini, PDIP dan Gerindra paling potensial menjadi partai utama di Pileg 2019 yang mendapat berkah dari capres yang didukungnya. Tapi harus diingat, Golkar di Kota Bekasi memiliki Rahmat Effendi (RE) yang merupakan kepala daerah. Ketokohan RE dan kemenangan di Pilkada lalu, bisa membawa berkah untuk Golkar,” ucap Tahir.

Lanjutnya, yang menarik adalah pertarungan partai tengah memperebutkan kursi. “Kenapa menarik, karena akan berdampak pada kekuatan Pilkada 2023 mendatang,” tuturnya.

Ketua DPC PPP kota Bekasi, Sholihin, optimis dapat meraih enam hingga delapan kursi untuk DPRD Kota Bekasi. “Targetnya minimal enam kursi. Kami optimis, mesin partai terus bergerak, caleg caleg yang kami usung juga memiliki jam terbang bagus dan cukup dikenal di dapilnya masing masing,” klaim Sholihin.

Adapun Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koeswara menyampaikan, partainya masih akan tetap menargetkan kursi wakil ketua DPRD. “Mempertahankan kursi yang ada atau menambah kursi. Kalau kami realistis saja,” bebernya.

Sedangkan Sekretaris DPC PAN Kota Bekasi, Abdul Muin Hafiedz mengungkapkan, partai berlambang matahari terbit itu menargetkan enam kursi di DPRD Kota Bekasi. “Targetnya enam. Cuma kami upayakan delapan kursi. Namun memang butuh kerja keras. Tapi jika semua caleg bergerak secara maksimal, saya rasa target tersebut bisa tercapai,” pungkas Muin. (sar)

Related Articles

Back to top button