Berita Utama

Bakal Akuisisi Dua Perusahaan di 2019

Radarbekasi.id – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berencana melakukan akuisisi perusahaan di sektor keuangan pada tahun ini. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja bank, khususnya dari sisi pertumbuhan anorganik.

“Ada rencana akuisisi yang akan kami masukkan di tahun 2019,” kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas.

Menurut dia, Bank Mandiri akan melakukan akuisisi perusahaan di bidang keuangan. “Mungkin kami akan akuisisi bank juga di tahun depan,” ujar Rohan.

Dia mengatakan, faktor pertumbuhan (growth) menjadi pertimbangan untuk memasukkan akuisisi ke dalam rencana Bank Mandiri pada 2019. “Growth atau pertumbuhan, bisa organik atau anorganik, skala bisnis juga,” kata Rohan.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Slamet Edy Purnomo dengan konsolidasi, bank kecil bisa diambil bank besar dan akan lebih bagus dari sisi akselerasi permodalan. Di samping itu, pengawasan OJK juga akan lebih mudah karena hanya mengawasi bank besar tersebut karena sudah menjadi induk jika telah mengakuisisi bank kecil.

“Kami tidak mungkin mengurangi jumlah bank, tapi kalau ada yang merger dan akuisisi kami dorong, itu lebih bagus, jumlah semakin sedikit kontrol juga lebih enak. Jadi yang dikontrol nanti bank besarnya saja, pengawasan terintegrasi juga begitu, yang diawasi yang besar saja karena sudah include yang kecil,” paparnya.

Senada dengan OJK, Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) menilai, industri perbankan khususnya bank kecil di masa mendatang secara alami akan melakukan konsolidasi. Hal tersebut lantaran seluruh bank harus lebih cepat dan serius dalam melakukan pengembangan digital.

Ketua Umum Perbanas Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, bukan hanya bank besar saja yang harus punya kemampuan untuk mengembangkan digital banking dan mengelola likuiditas, namun bank kecil juga dituntut melakukan hal serupa.

Untuk itu, kata dia, bank kecil juga harus melakukan konsolidasi. “Perbankan di masa depan memang harus ada konsolidasi. Karena memang itu ke depan tantangannya, terutama dari sisi likuiditas,” kata Kartika yang akrab disapa Tiko.

Menurut dia, konsolidasi merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan dalam perkembangan sektor perbankan ke depan. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat aspek permodalan bank. Selain itu perkembangan ekonomi digital mengharuskan setiap bank untuk memperkuat investasi di sisi teknologi informasi. (oke)

Related Articles

Back to top button