Berita Utama

Persoalan Sampah Masih jadi PR DLH

TPA Burangkeng Overload

Radarbekasi.id – Persoalan sampah masih menjadi  Pekerjaan Rumah (PR) bagi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi di tahun 2019. Karena, dinas tersebut masih mengalami kekurangan armada untuk mengangkut sampah di seluruh Kabupaten Bekasi. Meskipun, dinas tersebut baru saja membeli 14 unit armada baru.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Joharul Alam mengatakan,

pengadaan armada tersebut belum berdampak maksimal untuk memberikan pelayanan terkait sampah.

“Idealnya sebuah wilayah sebesar Kabupaten Bekasi guna menjangkau seluruh kawasan permukiman dalam melayani pembuangan sampah dibutuhkan sebanyak 200an armada lagi. Sementara di kita baru ada 86 unit saja dan itu pun juga sudah ada yang tua dan rusak terus,” katanya.

Hal lain yang masih menyebabkan persoalan sampah masih menjadi PR yakni karena keterbatasan lahan untuk perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng di Kecamatana Setu.

Menurutnya diperlukan perluasan lahan TPA. Tapi, harus diiringi dengan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bekasi. Sehingga, memerlukan peran dari Organisasi Perangkat Dareah (OPD) lainnya.

“Memang masalah sampah walaupun kotor, ketika bicara sampah perlu semua pihak dan stakeholder. Sebab ketika bicara soal perluasan selalu mentok menyalahi tata ruang,” katanya.

Menurut dia, perluasan lahan TPA sudah sangat wajar dilakukan. Karena lahan TPSA seluas 11 hektare tersebut sudah ada sejak 21 tahun lalu.

“Saat ini memang sedang dalam proses revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW). Tapi masalah ini saya tidak paham lebih lanjutnya karena ada di dinas lain,” ujarnya. (and) 

Related Articles

Back to top button