Berita Utama

Tarif Trans Patriot Mulai Diberlakukan

Radarbekasi.id – Pemerintah Kota Bekasi mulai memberlakukan tarif Bus Trans Patriot hari ini, Kamis (3/12). Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana.

Penetapan tarif tersebut diketahui merujuk pada surat keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Nomor 551.2/kep/4764-dishub/XII/2018 tanggal 31 Desember 2018 tentang Tarif Angkutan Umum Massal Bus Trans Patriot.

Yayan menerangkan, tarif untuk sekali jalan dari Terminal Bekasi ke Harapan Indah maupun sebaliknya ialah Rp4 ribu. “Satu kali jalan dari Terminal ke Harapan Indah dan sebaliknya, jauh dekat Rp4 ribu,” katanya kepada Radar Bekasi, Rabu (2/1).

Ia mengungkapkan, pihaknya memiliki sejumlah pertimbangan sehingga menetapkan tarif sebesar Rp4 ribu. Diantaranya, agar subsidi yang diberikan Pemkot Bekasi untuk operasional bus tersebut tidak terlalu besar.

“Kita melihat beberapa pertimbangan, kita juga istilahnya kalau melihat Trans Jakarta kan besar, unitnya juga banyak segala macam, kita melihat juga supaya subsidi tidak terlalu besar juga,” tuturnya.

Dirinya menilai tarif itu sesuai dengan kocek warga Kota Bekasi. “Cukup lah dengan kemampuan masyarakat Kota Bekasi. Kan Trans Jakarta Rp3500, kita Rp4 ribu saya kira cukup lah,” ujar Yayan.

Terpisah, Direktur Utama Perusahaan Daerah Mitra Patriot, Tubagus Hendra Suherman membenarkan bahwa akan ada pemberlakuan tarif mulai hari ini. “Sudah saya intruksikan besok (hari ini) sudah berlaku,” katanya.

Sebelumnya diketahui, terdapat sembilan Bus Trans Patriot yang beroperasi melayani trayek Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah dan sebaliknya mulai 26 November 2018 lalu. Bus tersebut beroperasi secara gratis.

Sebelum ditetapkan Rp4 ribu, sempat muncul usulan setiap penumpang dikenakan tarif sebesar Rp3.500.  Namun usulan itu dinilai tidak sesuai sehingga Pemerintah Kota Bekasi resmi menetapkan tariff Rp4 ribu. (neo/pay)

Close