Telekomunikasi

Telkomsel Komitmen Bangun Ekonomi Masyarakat Digital

Radarbekasi.id – Telkomsel berkomitmen membangun ekonomi masyarakat digital di Indonesia. Komitmen itu diwujudkan melalui program corporate social responbility (CSR) bertajuk “Baktiku Negeriku”.

“Baktiku Negeriku” merupakan program tanggung jawab sosial dalam bentuk kontribusi dan kolaborasi Serikat Pekerja Telkomsel (SEPAKAT) dengan fokus pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di berbagai daerah pelosok di Indonesia melalui teknologi, pemberdayaan masyarakat serta pendidikan.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, sebagai perusahaan yang beroperasi sangat dekat dengan masyarakat, Telkomsel ingin memberikan manfaat yang lebih kepada lingkungannya.

“Program CSR Baktiku Negeriku adalah salah satu wujud nyata dukungan Telkomsel dalam mengembangkan potensi masyarakat. Kami harap program ini akan meningkatkan daya kompetisi masyarakat sehingga ke depannya mendapatkan taraf kehidupan yang lebih baik,” ungkap Ririek, dikutip dalam situs web resmi Telkomsel, Jumat (4/1/2019).

Program yang dimulai Oktober 2017 sampai Maret 2018 ini dilakukan di sejumlah desa di wilayah Indonesia. Pemilihan desa didasarkan atas potensi ekonomi dan wisata budaya daerah tersebut. “Baktiku Negeri” dimulai di Desa Cisungsang, Kabupaten Lebak Banten, Jawa Barat, dan berakhir di Desa Gede Pangrango, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kedua Desa ini merupakan wilayah kerja Telkomsel area 2 yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Selain itu, program ini juga dilaksanakan di Desa Nangahale, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Desa Daeo Majiko Pulau Morotai, Maluku Utara, Desa Banda Neira Maluku, Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur (NTB), Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Desa Balefadorotuho, dan Nias, Sumatera Utara.

Program ini meliputi program mentoring bagi anak muda setempat mengenai pemanfaatan teknologi informasi dengan melibatkan kelompok pemuda desa atau Karang Taruna. Pelatihan ini ditujukan agar mereka dapat berperan sebagai ‘agen perubahan’ yang akan memimpin komunitas lokal menuju kehidupan yang lebih baik dengan memanfaatkan ekosistem digital. Selain itu, karyawan Telkomsel juga turut memberikan pelatihan tentang Digital Citizenship dan keahlian lainnya secara praktis.

Melalui program ini, Telkomsel juga menginisiasikan green movement berupa gerakan dan aksi-aksi pelestarian alam dan ekosistemnya bersama penduduk setempat untuk menghadapi isu lingkungan seperti perubahan iklim untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Program yang menyasar pertumbuhan berkelanjutan tersebut juga melaksanakan  pembangunan dan renovasi fasilitas umum. Diantaranya seperti balai kesehatan, pusat media dan edukasi warga, fasilitas sanitasi dan air bersih, atau serta pusat usaha kecil menengah (UKM). Hal ini dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait antara lain pemerintah setempat, TNI, dan lain-lain.

Program ini telah berhasil meraih gelar “Champion” di kompetisi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) The World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2018 yang dihelat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 19-23 Maret 2018 di Jenewa, Swiss.

“Baktiku Negeriku” berhasil mengharumkan Indonesia di ajang bertaraf internasional  setelah bersaing dengan dari total 685 karya yang masuk dari seluruh dunia dan diseleksi secara ketat oleh International Telecommunication Union (ITU).

TERIMA PENGHARGAAN – Ketua Umum Serikat Pekerja Telkomsel (SEPAKAT), Budi Mulia (kiri) dan General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Tubagus Husniyullah pada acara penyerahan gelar “Champion” (juara) untuk program “Baktiku Negeriku” Telkomsel, di kompetisi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) The World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2018 yang dihelat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 19 sampai 23 Maret 2018 di Jenewa, Swiss. Foto : Telkomsel

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Tubagus Husniyullah mengatakan, sebagai operator telekomunikasi digital yang berkomitmen membangun Indonesia melalui teknologi, penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa program yang dilakukan Telkomsel telah sejalan dengan perkembangan dan fokus komunitas TIK dunia.

“Pengakuan ini juga sekaligus memotivasi kami untuk bekerja lebih baik dan terus berbuat lebih banyak lagi untuk melayani Indonesia dan menghadirkan berbagai manfaar teknologi sehingga dapat memberikan dampak positif di bidang, ekonomi, sosial, dan budaya untuk masyarakat,” ungkap Tubagus, dikutip dalam situs web resmi Telkomsel, Jumat (4/1/2019). (oke)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker