Berita Utama

Kawasan Kumuh Masih 236 Hektare

Radarbekasi.id – Masih terdapat 236,5 hektare kawasan kumuh di Kota Bekasi sampai dengan awal 2019. Kawasan kumuh tersebut tersebar di 56 kelurahan dan 12 kecamatan se – Kota Bekasi. Demikian disampaikan Sekretaris Bidang Dinas Perumahan, Kawasam Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi, Imas Asiah.

Ia menjelaskan, jumlah itu menunjukkak penurunan dibanding tahun 2016 yang mencapai 430 hektare. Artinya, telah terdapat 193,5 hektare kawasan kumuh yang tertata.

Menurut dia, pihaknya memiliki program untuk mengurangi kawasan kumuh di Kota Bekasi. Yakni, dengan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

“Jadi dalam program kotaku dari Disperkimtan, kita target di tahun 2019 ini bisa berkurang sekitar 80 persen kawasan kumuh yang ada di Kota Bekasi,” katanya saat dihubungi Radar Bekasi belum lama ini.

Imas pun mengakui, permukiman kumuh masih menjadi tantangan bagi Pemerintah Kota Bekasi. Pasalnya, permasalahan ini merupakan salah satu pilar penyangga perekonomian kota.

Sehingga, penataan kawasan kumuh menjadi salah satu program prioritas. Tujuannya, supaya kawasan kumuh dilingkungan warga Kota Bekasi semakin berkurang.

“Harapannya semakin baik penataan kawasan kumuh ini, semakin baik pula kualitas penghuninya dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka,” ujar Imas.

Pihaknya juga akan mengoptimalkan bantuan dari pemerintah pusat. “Untuk bantuan yang diberikan itu dimanfaatkan untuk melakukan penataan drainase, penyediaan air bersih, penataan lingkungan, dan bedah rumah dilingkungan warga,” tuturnya. (pay)

Related Articles

Back to top button