Realtime

Asita Pesimis Capaian 2 Juta Wisatawan Per Tahun

Radarbekasi.id – Asosiasi Agen Perjalanan Wisata (Asita) Kabupaten Bekasi pesimis capaian 2 juta wisatawan per tahun yang telah ditargetkan oleh pemerintah daerah setempat.

“Kita lihatlah bagaimana usaha dinas pariwisata, apakah maksimal ? Saya pikir dengan target 2 juta (wisatawan) itu usahanya (dinas) masih biasa banget, (jadi) tidak akan tercapai,” cetus Ketua Asita Kabupaten Bekasi, Hairani Tarigan, Selasa (8/1).

Menurut Hairani, wisatawan merupakan seseorang yang melakukan suatu kunjungan wisata dan menginap minimal satu hari ke tempat yang dituju. Sebuah wisata terdiri dari unsur sumber daya manusia (SDM), eksursi, maupun akomodasi.

Dia menegaskan, wisatawan bukan hanya dengan melakukan kunjungan ke suatu pabrik. “Kalau datang cuma lihat industri, saya juga bisa datangin 1000 orang dalam beberapa bulan, kalau setahun saya bisa 12 ribu orang. Seperti kita ini, disektor swasta sebagai praktisi di industri pariwisata seakan bekerja keras sendiri,” katanya.

Menurut dia, kunjungan pabrik sebetulnya tidak cocok untuk dijadikan sebuah destinasi wisata. Sebab, setiap kunjungan bisa menggangu aktivitas karyawan yang bekerja.

Namun, pada kenyataannya pabrik di Kabupaten Bekasi terbuka untuk bisa dikunjungi. “Beberapa pabrik itu sudah bisa menerima, saya sendiri masuki ke Hino, Mitsubishi, Panasonic Gobel, Cola Cola, kemudian ada manufaktur lain seperti Denso. Cuma mereka tidak akan bisa kita datangi dengan jumlah suka-suka, karena mereka punya aturan sendiri,” tukasnya. (pra)

Close