Realtime

Teken MoU, Polri Pagari Penyaluran Bansos

Radarbekasi.id – Kepolisian Republik Indonesia dan Kementerian Sosial meneken memorandum of understanding (MoU) untuk pengamanan bantuan sosial (Bansos) dan program-program milik kementerian yang dipimpin Agus Gumiwang itu. Kerja sama tersebut ditandatangani di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta, hari ini.

Menteri Sosial Agus Gumiwang mengatakan, sejatinya kerja sama ini sudah diperbincangkan cukup lama. Ia dan Kapolri katanya sepakat bahwa program pemerintah khususnya yang berkaitan dengan Bansos tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat harga, tepat kualitas, dan tepat administrasi.

“Dari situ semua maka kesadaran di antara kami berdua, Bapak Kapolri dan Kemensos untuk melakukan kerja sama agar di lapangan nanti itu semua program bansos yang ada di Kemensos bisa berjalan sesuai harapan kita bersama,” ujarnya usai meneken MoU, Jumat (11/1), seperti diberitakan JawaPos.com (Group Radarbekasi.id).

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, Agus meminta bantuannya lantaran Polri memiliki jaringan yang luas dan diyakini bisa mengamankan dan mengawasi penyaluran bansos.

“Ini kami akan bekerja dan kemudian kami akan melakukan evaluasi sambil pengawasan. Lalu akan dilakukan supervisis ke sasaran tertentu apakah betul- betul tepat pada sasaran itu,” sebut dia.

Kesedian Polri meneken kerja sama ini juga didasari lantaran mereka tidak ingin niat baik pemerintah yang meningkatkan anggaran bansos menjadi Rp 54,3 triliun, justru menimbulkan persoalan.

“Misalnya tidak tepat sasaran atau ada penyimpangan dan lain-lain yang nantinya jadi masalah hukum dan juga masalah keamanan,” tegas Tito.

Diketahui, dalam MoU ini, Kapolri didampingi wakilnya, Komjen Ari Dono Sukmanto. Selain itu ada juga Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher. (jpc)

Lebihkan

Artikel terkait

Close