Berita UtamaPolitikRealtime

Bawaslu Bakal Tertibkan Stiker Caleg di Angkot

Radarbekasi.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi bersama-sama stakeholder terkait, akan segera menertibkan branding atau stiker peserta pemilu, baik calon anggota legislatif (caleg) maupun partai politik yang dipasang di angkutan kota (angkot).

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tommy Suswanto mengungkapkan, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi bersama KPU Kota Bekasi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bekasi dalam waktu dekat.

“Kami tegaskan, bahwa penempelan stiker branding caleg di angkutan umum tidak diperbolehkan,” katanya.

Menurut Tommy, di dalam PKPU 23/2018 tentang Kampanye Pemilu, dijelaskan bahwa mobil yang bisa digunakan untuk kegiatan kampanye dan menempelkan stiker caleg, hanya mobil pribadi berpelat hitam. Dengan demikian, tambahnya, selain mobil pelat hitam, maka dilarang menempelkan stiker atau sejenisnya di angkutan umum.

Lanjut Tommy, dalam UU Lalu Lintas, sesuai keterangan dari Dinas Perhubungan Kota Bekasi juga dijelaskan, bahwa ada ketebalan maksimal dalam menempelkan stiker agar tidak mengganggu pandangan.

“Ada ratusan stiker caleg yang dipasang di angkot, dan itu akan ditertibkan. Selain itu, kami juga akan menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa spanduk yang melanggar,” ujarnya.

Pada PKPU 23/2018, lanjut Tommy, pada pasal 23 huruf i dijelaskan, kegiatan kampanye bisa dilakukan dalam bentuk kegiatan lain yang tidak melanggar aturan kampanye pemilu dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebelum ditertibkan, pihaknya akan memberikan surat teguran terlebih dahulu. Ia berharap, partai politik harus memahaminya, agar Pemilu 2019 bisa berjalan lancar. Bahkan kata Tommy, Bawaslu sudah dari jauh-jauh hari melakukan penertiban atribut kampanye dan juga sudah mengirimkan surat kepada partai peserta pemilu, termasuk juga tim sukses untuk menertibkan atribut kampanye yang melanggar peraturan.

“Sekarang sudah berjalan, dan kami (Bawaslu) sudah mengirimkan surat kepada partai dan tim sukses untuk menertibkannya. Dan jika partai dan tim sukses tidak menertibkan, maka Bawaslu yang akan turun tangan,” tegasnya.

Bahkan sampai dengan saat ini, Bawaslu Kota Bekasi sudah menertibkan ribuan APK yang melanggar.

“Data kami (Bawaslu) sudah menertibkan kurang lebih dua ribu APK di Kota Bekasi, dan akan terus berjalan,” tandas Tommy.  (sar)

 

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + three =

Close