Berita UtamaCikarangRealtime

Kampanye di Medsos, Begini Kata Bawaslu

Radarbekasi.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bekasi tidak mempermasalahkan masifnya kampanye yang dilakukan oleh calon legislatif dimedia sosial.

“Memang tidak ada larangan caleg berkampanye di media sosial. Kalau hanya sebatas menyampaikan visi misi kerja itu memang isi dari kampanye. Akan tetapi tidak boleh menabrak pasal 280 ayat 1 dan 2,” ucap Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga dan Humas Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi melalui sambungan selulernya, kemarin.

Maksud pasal tersebut ialah kaitannya dengan konten kampanye di medsos. Seperti tidak ada ujaran kebencian, tidak menghasut atau mengadu domba, serta tidak kabar bohong atau hoaks. Lebih lanjut Akbar menyampaikan, akun media sosial yang dimiliki setiap caleg wajib didaftarkan ke KPU saat pendaftaran. Jumlahnya pun dibatasi, maksimal 10 akun.

“Asalkan tidak boleh lebih dari 10 akun,” ujarnya.

Dikatakannya, akun medsos yang didaftarkan tersebut dipantau oleh KPU maupun Bawaslu. Kendati demikian, akun yang tidak daftarkan tetap bisa digunakan untuk kampanye asalkan tidak melanggaran aturan.

“Kalau diluar partai akun caleg, seperti yang tadi tidak boleh melanggar pasal 280 ayat 1 dan 2. Gunakan kesempatan tahapan kampanye di media sosial sebaik-baiknya, dengan mendidik pemilih mengenai visi misi partai politik,” tukasnya (pra).

Related Articles

Back to top button