Berita UtamaLife StyleRealtime

Kunjungi Presiden, Agnes Kena Hoax

Radarbekasi.id – Aktivitas selebriti kerap menjadi bahan untuk menciptakan kabar palsu. Kejadiannya nyata, tapi ditambahi cerita ngawur plus foto dan capture potongan video. Hasilnya menjadi alur cerita yang utuh dan terlihat sangat meyakinkan.

Contohnya ketika Agnes Monica mengunjungi Presiden Joko Widodo Jumat lalu (11/1). Peristiwa itu dimanfaatkan pembuat hoax untuk memancing kegaduhan. Caranya dengan menampilkan foto Agnes yang sedang berpose dua jari seolah mendukung capres Prabowo Subianto.

“Yang kaya begini nih yang bikin sakit hati tapi ga berdarah. Kemarin ada yang bangga. Agnes Monica dipercaya bisa menarik kaum milenial untuk pasangan capres anu. Ga taunya Agnes Monica mengacungkan salam dua,” tulis akun Facebook Mbah Bejo (fb.com/profile.php?id=100027643515179), seperti diberitakan JawaPos.com (Group Radar Bekasi).

Bejo melampirkan dua capture video dalam postingannya. Yang pertama ketika awak media sedang mewawancarai Agnes. Sedangkan yang kedua memperlihatkan Agnes sedang berpose dua jari. Ada juga empat foto yang dibentuk menjadi kolase. Dua foto di bagian atas menunjukkan Agnes saat berada di Istana. Sedangkan dua foto di bagian bawah memperlihatkan Agnes setelah keluar dari Istana.

Narasi yang dibangun Bejo sudah pasti hoax. Beberapa kejanggalan juga terlihat dari posting-an itu. Misalnya soal potongan dua video. Saat berkunjung ke Istana, Agnes menggunakan kalung. Sementara itu, ketika di dalam mobil, dia tidak menggunakan kalung.

Kedua, saat di Istana, Agnes menggunakan jam tangan di tangan kiri. Tapi, ketika di mobil, jam tangan berada di tangan kanan. Ketiga, saat di dalam mobil, Agnes menggunakan anting yang panjang. Sementara itu, saat berkunjung ke Istana, antingnya kecil.

Hasil penelusuran Jawa Pos (Group Radar Bekasi), capture video yang digunakan Bejo untuk menyebarkan hoax itu berasal dari channel YouTube interNEZional. Video dengan judul AGNEZ MO Shopping Day in Jakarta Mall itu diunggah pada 27 Maret 2018. Mbah Bejo meng-capture video yang menampilkan salam dua jari Agnes pada detik ke-32. Selengkapnya, Anda dapat mengakses video itu di link pendek ini, bit.ly/AgnesNgemall.

Jawa Pos (Group Radar Bekasi) juga mengabarkan kunjungan Agnes ke Istana. Berita itu terbit pada Minggu, 13 Januari 2019. Arsip Jawa Pos menyebutkan bahwa Agnes mendapat undangan khusus untuk bertemu presiden. Pada pertemuan santai itu, Agnes berbicara banyak soal musik dan budaya. Dia juga meminta dukungan untuk mengenalkan musik pop dan talenta Indonesia ke luar negeri.

“Pemerintah juga harus mendukung supaya musik kita lebih berkembang sampai level dunia,” harapnya. Agnez juga menegaskan bahwa tidak ada unsur politik saat kunjungan Jumat lalu. Dia datang sebagai anak bangsa. Dia lebih banyak bercerita seputar karirnya di AS, lantas mere­kamnya menjadi vlog bersama presiden. (zam/c17/fat)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker