Realtime

Belum Tahu Jenis Limbahnya, Polisi Terapkan Pasal 360

Radarbekasi.id – Polsek Tarumajaya sampai saat ini masih menyelidiki jenis limbah dan pelakunya yang membuang di lokasi lahan kosong di Kampung Kramat Blencong RT01/20, Desa Segaramakmur, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

“Untuk sekarang kita masih terapkan pasal 360 karena kelalaian menyebabkan luka berat. Untuk pelaku masih dalam penyelidikan, nanti kita juga akan meminta keterangan warga,” ujar Kapolsek Tarumajaya AKP Agus Rohmat, Rabu (16/1).

Tiga bocah kakinya melepuh usai bermain dilokasi lahan yang diduga mengandung limbah bahan berbahaya, dan beracun (B3). Menurutnya, sebenarnya lokasi tersebut diurug menggunakan tanah kali (lumpur), karena saat dilakukan pengecekan terdapat surat jalan. Sementara, kepada polisi pemilih lahan mengaku tidak pernah membuang limbah di lokasi tersebut.

“Keterangannya dari pemilik lahan bukan dia yang membuangnya. Bolehlah dia ngomong gitu, tapi kita tidak percaya gitu saja. Makanya terus kita dalami,” tuturnya.

Sampai saat ini kepolisian masih menunggu hasil laboratorium kandungan limbah tersebut. Bila terbukti limbah B3, pelaku terancam pidana diatas lima tahun.

“Yang pasti kalau itu terbukti limbah B3 akan ada dendanya dan hukumannya diatas lima tahun. Nanti kita pergunakan undang-undang 32 tahun 2009. Tapi masih menunggu hasil laboratiumnya,” jelasnya. (pra).

Related Articles

Back to top button