Berita Utama

Proyeksikan Laba Tumbuh 49 Persen

Radarbekasi.id – Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Patriot memproyeksikan laba tumbuh sebesar 49 persen di 2019. Pada 2018, badan usaha milik daerah (BUMD) Kota Bekasi ini berhasil membukukan laba sebesar Rp6,3 miliar.

Direktur Utama BPRS Patriot, Syahril T. Alam mengungkapkan, kinerja BPRS Patriot semakin kinclong. Menutup akhir tahun lalu berhasil membukukan laba  sebesar Rp6,3 miliar atau tumbuh sebesar 44,34 persen dari posisi yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan untuk asset per 31 Desember 2018 sebesar Rp192,58 miliar atau tumbuh 33,69 persen.

Untuk penghimpunan dana masyarakat baik dalam bentuk tabungan maupun deposito terhimpun sebesar Rp105,40 miliar.  Posisi outstanding penyaluran dana ke masyarakat dalam bentuk pembiayaan produktif maupun konsumtif  per 31 Desember 2018 sebesar Rp145,61 miliar atau tumbuh sebesar 47,59 persen dari tahun sebelumnya.

“Dengan rasio non performing financing (NPF) sebesar 1,78 persen. Artinya pembiayaan yang disalurkan ke masyarakat sangat produktif,” ujar Syahri diruang kerjanya, Selasa (15/1).

Bermodalkan kinerja 2018 yang sangat baik tersebut, Syahril mengungkapkan, BPRS Patriot menatap 2019 dengan sangat optimis akan tumbuh dengan signifikan. Pada tahun ini, rencana penyaluran dana dalam bentuk pembiayaan ke masyarakat diproyeksikan sebesar Rp216 miliar.

“Rinciannya 48 persen ke sektor produktif untuk modal kerja usaha mikro dan kecil serta 52 persen ke sektor konsumtif,” terangnya.

Syahril mengungkapkan, sejumlah strategi bisnis di tahun ini telah disiapkan oleh BPRS Patriot. Diantaranya dengan terus melakukan ekspansi pembiayaan dan kantor.

“Penyaluran pembiayaan akan tetap konservatif dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian (prudential banking) agar pembiayaan tetap berkualitas baik, yang didukung oleh sumber daya insan yang berkualitas,” tegasnya.

Ia mengatakan, dari sisi penghimpunan dana masyarakat, pada tahun ini di proyeksikan tumbuh sebesar 37 persen atau mencapai Rp144 miliar. Menurut dia, pertumbuhan ini disebabkan karena semakin dikenal dan dipercayanya BPRS Patriot oleh masyarakat untuk menyimpan maupun menginvestasikan dananya.

“Dalam rencana bisnis bank 2019, diproyeksikan laba BPRS Patriot akan tumbuh sebesar 49 persen atau menjadi sebesar Rp9,40 miliar. Insya Allah bisa tercapai, #2019 keep moving and more blessing,” pungkasnya. (oke)

Related Articles

Back to top button