Berita UtamaCikarangRealtime

Tumpukan Sampah Plastik Penuhi Sungai Cibalok Hingga 1 KM

Radarbekasi.id – Tumpukan sampah plastik memenuhi Sungai Cibalok di Kampung Walahir, Desa Karang Bahagia, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Warga setempat Dani (35) mengungkapkan, sampah yang memenuhi Sungai Cibalok merupakan buangan dari warga sekitar. Dia menyebut, sampah tersebut belum pernah dikeruk sejak enam tahun.

“Ini buangan dari warga sekitar. Sudah enam tahunan, sekarang panjangnya sampah mencapai satu kilo meter, rata-rata sampah plastik,” ujar Dani dilokasi, Senin (21/1).

Tidak adanya tempat pembuangan sampah di lokasi menjadi alasan warga terpaksa membuang sampah di sungai sehingga terjadi penumpukan. Kondisi sampah yang menumpuk cukup menggangu aktifitas warga yang tinggal di sekitar sungai tersebut.

“Sengaja dibuang dari warga, karena tidak ada tempatan pembuangan sampah. Rata-rata buangnya malam,” katanya.

Padahal, aliran Sungai Cibalok yang menghubungkan ke Sungai Citarum kerap dimanfaatkan oleh warga untuk mengaliri air ke sawah. Bahkan masih ada warga yang memanfaatkan air dari sungai untuk kebutuhan mandi cuci kakus (MCK).

“Saya berharap supaya air ini bersih seperti dulu lagi, dan pemerintah daerah bisa turun langsung, jangan dibiarkan begitu saja,” ujarnya.

Tumpukan sampah bertahun-tahun tersebut juga menyebabkan air tidak bisa mengalir dengan baik. Akibatnya, setiap hujan turun banjir kerap melanda pemukiman warga.

“Setiap hujan banjir. Karena aliran sungai terhalang sampah, batang pohon (kayu), dan eceng gondok yang sudah mampet. Memang sampah ini buangan dari warga,” kata Nurhayati (52). (pra)

Related Articles

Back to top button