Berita Utama

Komisi III DPRD Minta Dinas Lingkungan Hidup Kreatif Tangani Sampah

Radarbekasi.id – Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi meminta Dinas Lingkungan Hidup setempat lebih kreatif dalam menangani sampah agar tidak terjadi penumpukan di sejumlah tempat seperti yang terjadi belakangan ini.

Menurut Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Uryan Riyana, selain dengan menggunakan teknologi, penanganan sampah juga bisa dilakukan melalui kerjasama dengan swasta.

“Tinggal kreativitas eksekutif untuk melakukan hal seperti ini. Tidak melulu dengan APBD sebetulnya, kalau eksekutifnya kreatif saja dalam hal ini Dinas Lingkugan Hidup ini selesai. Saya sudah ngomong banyak saat rapat dengan Dinas LH dari dulu, memang kreativitas mereka belum digali secara maksimal,” ujar Uryan.

Penumpakan sampah plastik di sejumlah kali di wilayah Kabupaten Bekasi sempat membuat ramai publik belakangan ini. Diantaranya di Kali Pisang Batu dan Kali Cibalok. Lebih lanjut, Uryan mengatakan, sampah telah menjadi momok menakutkan bagi lingkungan di Kabupaten Bekasi. Karena itu, harus ada upaya maksimal untuk penyelsaian dari hulu ke hilir oleh dinas terkait.

Dari hulu misalnya, melalui sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Tentunya dinas terkait harus membuat sistem prosedur untuk pengumpulan sampah di satu tempat agar tertata rapih.

“Saat ini saya melihat dinas itu kurang serius membuat sebuah sistem agar sampah ini tidak dibuang sembarangan,” ujarnya.

Selain itu, harus ada hukuman bagi pembuang sampah sembarangan. Tentunya pemerintah daerah juga harus menyelsaikan persoalan sampah yang menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng terlebih dulu.

“Sampah ini bisa dijadikan energi, sehingga sampah tidak terlalu banyak. Kalau di Burangkeng saja penuh, bagaimana diluar. Pantas sampah dimana-mana,” pungkasnya. (pra)

Related Articles

Back to top button