Berita Utama

Tumpukan Sampah di Kali Cibalok Mulai Diangkut

Radarbekasi.id – Tumpukan sampah plastik di Kali Cibalok di Kampung Walahir, Desa Karang Bahagia, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, mulai diangkut, Rabu  (23/1).

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Suprianto mengatakan, pengangkutan sampah plastik tersebut rencanana akan dilakukan selama tiga hari. Kini pihaknya sudah mulai menyiapkan alat berat, dan truk untuk mengangkut sampah tersebut.

“Hari ini kita siapkan satu alat berat, tiga armada mobil. Setelah itu kita mendukung apa yang dilaksanakan Pak Camat. Kemungkinan pengangkatan selama tiga hari,” kata Dodi, Rabu (23/1).

Sampah yang diangkut dari kali, ujar Dodi, akan dibuang ke tempat penampungan sementara dekat lokasi agar mobilisasi tidak terlalu jauh. Sebab, bila dibuang ke TPA Burangkeng membutuhkan waktu perjalanan sampai 2,5 jam.

Lebih lanjut, dikatakannya, sampah yang menumpuk di Kali Cibalok hingga 1 kilo meter tersebut terdiri dari berbagai jenis. “Jenis sampah 65 persen eceng gondok, dan 35 persen sampah rumah tangga. Tapi lebih di dominasi sampah styrofoam atau catering,” terangnya.

Kedepan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Camat Cikarang Utara untuk mendata warganya yang memiliki usaha catering agar bisa dilakukan pengawasan.

“Karena ini kebanyakan sampah catering, nanti kita akan cari tahu warga yang usahanya catering,” tukasnya.

Sementara itu, Camat Cikarang Utara, Muchlis mengaku, akan berkoordinasi dengan Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan UPTD Kebersihan Cikarang Utara untuk melakukan penanganan sampah di setiap kali.

“Kita minta kedepannya ada penangan komprehensif dari pemerintah Kabupaten Bekasi untuk penanganan sampah ini yang dimulai dengan satgas-satgas dan sebagainya,” pungkasnya. (pra)

Related Articles

Back to top button