Berita UtamaRealtime

Dinkes Klaim Jumantik Efektif Berantas DBD

Radarbekasi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi mengklaim keberadaan Jumantik (Juru Pemantau Jentik) yang dibentuk di wilayahnya cukup efektif dalam memberantas demam berdarah dengue (DBD).

“Sejauh ini Jumantik terbilang efektif, kita sudah tiga tahun lakukan ini, dan pada 2018 mengalami penurunan,” ujar Kepala Bidang Pencegahan Penyakit, dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Bekasi, Irfan Maulana, melalui sambungan selulernya, Jumat (25/1).

Keberadaan Jumantik cukup efektif dalam memberantas DBD dibuktikan dengan penurunan jumlah penderitanya pada 2018. Jumlah penderita pada tahun lalu sebanyak 243 orang, menurun dari tahun sebelumnya sebanyak 300 orang.

Selain itu, upaya edukasi kepada kader Jumantik juga terus dilakukan. Belum lama ini melalui sosialisasi 4M (Mengubur, Menutup, Menguras dan Memantau).

Sampai dengan saat ini, jumlah kader jumantik ada ribuan orang yang tersebar di sejumlah puskesmas di wilayah Kabupaten Bekasi. Mereka bertugas melakukan penyuluhan, pemantuan jentik, dan memberikan tambahan pengetahuan kepada masyarakat sekitar.

“Sampai tahun 2018 sudah ada lima ribu orang jumantik yang tersebar di 44 puskesmas, dan satu puskesmasnya hampir 100 orang,” tukasnya. (pra).

Related Articles

Back to top button