Berita Utama

DLH Fokus Angkut Sampah

Usulan Kaukus LHK Bekasi Raya Dipertimbangkan

Radarbekasi.id – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi masih fokus untuk melakukan pengangkutan sampah di sungai. Sehingga, belum bisa konsentrasi untuk meningkatkan bank sampah menjadi bagian usaha kecil menengah (UKM)  di Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Kebersihan  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Suprianto mengatakan, beberapa pekan terakhir, ditemukan aliran sungai yang tertutup sampah hingga lebih dari satu kilometer.

Sehingga, saat ini pihaknya masih fokus untuk melakukan pembersihan dengan pengangkutan sampah di kali tersebut. Karena, diperkirakan waktu sekitar satu bulan untuk membersihkan lingkungan.

“Kami lebih fokus pada pengangkutan sampah dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk peduli terhadap sampah. Selain itu juga mengajak masyarakat untuk mengambil sampah bersama atau yang lebih dikenal kerja bakti,” katanya, Kamis (24/1).

Namun demikian, usulan pembentukan bank sampah untuk menjadi UKM akan dikomunikasikan dengan dinas terkait. “Kita akan coba melakukan komunikasi dengan dinas terkait. Sebab untuk saat ini binaan bank sampah di Kabupaten Bekasi sudah mulai aktif,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerhati lingkungan dari Kaukus Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bekasi Raya, Benny Tunggul mengusulkan agar bank sampah dapat menjadi UKM. Supaya, mendapat bantuan alah untuk pbgelolaan sampah.

Ia mengatakan, persoalan sampah di Kabupaten Bekasi bersumber dari hulu, yakni warga sebagai produsen sampah. Menurutnya, persoalan sampah pun “disumbang” oleh perumahan, industri serta kegiatan usaha lainnya.

“Jadi sebetulnya permasalahan sampah karena permulaan dari hulu. Pengertiannya sumber dari tingkat perumahan, industri atau dunia usaha lain contohnya rumah sakit. Tapi sampah dibuang sembarangan ini pun disebabkan oleh lokasi pembuangan sampah yang jauh,” katanya. (and) 

Related Articles

Back to top button