Berita Utama

Dampak Banjir, Warga Kesulitan Air Bersih

Radarbekasi.id – Banjir yang melanda Kampung Pengarengan, Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih. Sebab, sumur mereka tercemar kotoran dari banjir yang disebabkan oleh meluapnya kali sasak kantir.

Beruntung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, sigap memberikan bantuan air bersih ke lokasi terdampak banjir. Bantuan ini pun langsung dimanfaatkan oleh warga.

Pantauan radarbekasi.id, warga antusias mengambil air bersih dari mobil BPBD. Dengan menggunakan galon, dan ember, warga bolak-balik membawa air ke rumahnya masing-masing.

“Kita sekarang kesulitan air bersih, karena sumur kerendam air. Makanya ada mobil yang membawa air bersih, saya langsung mengambilnya,” ungkap Dea (35), warga Kampung Pengarengan, Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi, Senin (28/1).

Air bersih tersebut diperlukannya untuk kebutuhan mandi dan memasak. Banjir yang melanda pemukimannya sejak kemarin, membuat Dea dan keluarganya terpaksa mengungsi ke rumah orang tuanya karena air sudah masuk ke dalam rumah.

“Air sudah masuk ke dalam rumah, untuk sekarang saya tidur dirumah orang tua. Tapi kalau barang-barang masih ada dirumah, tapi disimpan diatas bale (tempat duduk besar,” ujarnya.

Sementara itu, THL BPBD Kabupaten Bekasi, Andhika Rahkman menuturkan, BPBD telah memberikan bantuan air bersih 5000 ribu liter yang dibawa menggunakan satu unit mobil tangki. Untuk bantuan air bersih selanjutnya, dia belum bisa memastikan waktunya.

“Hari ini kita turun memberikan bantuan air bersih untuk warga di Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi. Untuk bantuan selanjutnya nunggu perintah,” tukasnya. (pra)

Related Articles

Back to top button