Berita Utama

Drainase Buruk, Warga Kebanjiran

Radarbekasi.id – Buruknya saluran drainase dikeluhkan beberapa masyarakat di Kabupaten Bekasi. Sebab, kerap terjadi kebanjiran dibeberapa wilayah meskipun hujan tidak terlalu lama.

Salah satu Warga Perumahan Pondok  Ungu Permai,  Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Toni (20) menuturkan, genangan air dengan ketinggian mencapai sebetis orang dewasa kerap menggenangi jalan.

Hal itu, menurut dia, disebabkan karena drainase yang buruk dan intensitas yang cukup tinggi di wilayah tersebut.

“Kalau hujan dua jam aja disini udah banjir karena nggak ada salurannya, ketutup semua sama ruko. Selain itu ditambah air ngalirnya ke arah belakang ke arah sungai,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (27/1).

Pedagang kelontongan ini menyatakan, sebelumnya tidak pernah terjadi banjir hingga 60 sentimeter hingga masuk ke rumah masyarakat.

“Ini banjir pertama selama setahun belakangan. Kalau di Marakash banjir disini bisa masuk rumah. Kalau cuma ujan paling jalannya aja, namun itu dulu. Berbeda dengan sekarang hujan sejenak sudah banjir,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Nur Khaidir menuturkan, genangan air yang terjadi akan segera surut dalam beberapa waktu.

“Masalah banjir sudah masuk program kerja kami, sebab upaya kami saat ini bagaimana menyelaraskan drainase yang ada di perumahan dan disalurkan kepada yang lebih besar. Sehingga aliran air dapat mengalir dan tidak terjadi genangan air,” tuturnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bekerjasama melalukan pembersihan saluran air.  “Sebab masalah banjir ini selain ada perbaikan drainase dan pembangunan. Kami juga mengajak masyarakat peduli terhadap saluran air dari sampah,” tuturnya. (and)

Related Articles

Back to top button