Metropolis

585 Warga Terima Sertifikat

*Bayar Rp150 Ribu

Radarbekasi.id – Sebanyak 585 warga Kelurahan Kranji menerima Sertifikat Hak Milik (SHM) dalam program pemerintah berupa Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Rabu 6/2).

Ketua Tim Pokja PTSL Kelurahan Kranji, Agus Joko Saputra mengatakan, pembagian kali ini merupakan tahap awal dari jumlah keseluruhan sebanyak 1250 warga yang pendaftar.

Bagi warga yang tidak mampu dan di pulau jawa itu hanya dikenakan Rp150 ribu saja. “Saya berharap pada akhir bulan Pebruari nanti sisa dari warga Kranji yang mengajukan sebanyak 150 sertifikat, nantinya sudah siap dibagikan ke warga Kranji,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Kranji, Andi Kristanto menambahkan, PTSL merupakan proses pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan.

Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

“Manfaat yang diperoleh dari program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) masyarakat memiliki bukti sah kepemilikan tanah, menghindari konflik atau sengketa tanah, dan membuat aset masyarakat yang bisa dijadikan jaminan bank untuk modal usaha,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga penerima sertifikat, Rohili (50) menyampaikan, program PTSL dari pemerintah ini tentu menguntungkan banyak masyarakat. Manfaatnya adalah sebagai dasar, obyek, dan sebagai modal.

“Dalam pelayanan mendapatkan sertifikat tentu sangatlah mudah, malah ada yang di jemput bola ke rumah warga yang sudah terdaftar PTSL. Alhamdulillah, sertifikat saya sudah jadi dan hanya dikenakan biaya 150 ribu saja. Bagi warga yang lain jangan takut untuk mengajukan sertifikat tanah karena biaya pembuatan sangat murah maka jangan sia-siakan program ini,” ujarnya. (pay)

Related Articles

Back to top button